30+ Contoh Hewan Herbivora Pemakan Tumbuhan

30+ Contoh Hewan Herbivora Pemakan Tumbuhan

berbagai contoh hewan herbivora

Sebelum mengetahui contoh hewan herbivora, ada baiknya kita mempelajari apa itu hewan herbivora. Setidaknya, terdapat tiga penggolongan hewan berdasarkan makanan pokoknya, yaitu hewan herbivora, hewan karnivora, dan hewan omnivora.

Hewan pemakan tumbuhan disebut juga dengan hewan herbivora. Sedangkan hewan karnivora merupakan hewan pemakan daging, dan omnivora merupakan hewan pemakan segalanya, baik daging maupun tumbuhan.

Penting bagi kita untuk mengetahui jenis mekanan pokok suatu hewan, karena dengan begitu, kita dapat memeliharanya dengan baik. Dalam artikel ini, akan dibahas lebih lanjut mengenai hewan herbivora atau hewan pemakan tumbuhan.

A. Pengertian Hewan Herbivora

Hewan herbivora merupakan jenis hewan yang memanfaatkan tumbuhan sebagai sumber makanan pokoknya, baik dari batang, daun, maupun buahnya. Hewan herbivora cenderung jinak daripada hewan herbivora, karena makanannya berasal dari tumbuhan.

Selain itu, dalam rantai makanan biasanya hewan pemakan tumbuhan akan dijadikan makanan pokok bagi hewan pemakan daging (Karnivora).  

B. Ciri-ciri Hewan Herbivora secara Umum

Sama seperti jenis hewan lain, hewan herbivora memiliki ciri tersendiri. Berikut adalah beberapa ciri hewan herbivora secara umum :

  1. Tumbuhan merupakan makanan utama sehari-hari.
  2. Memiliki gigi geraham yang lebar untuk mengunyah makanan.
  3. Melahirkan anaknya (Vivipar). Namun, beberapa hewan herbivora juga ada yang bertelur (Ovipar), seperti burung pemakan biji-bijian.
  4. Berdarah panas (Homoioterm), yaitu suhu tubuhnya tidak bergantung pada suhu lingkungan. Sedangakan hewan berdarah dingin (Poikiloterm) suhu tubuhnya menyesuaikan lingkungan sekitar.
  5. Hidup di darat karena sumber makannya tumbuh-tumbuhan, meskipun ada hewan herbivora yang makanannya di daerah perairan, seperti Kuda Nil.  

C. Contoh Hewan Herbivora

Terdapat banyak sekali contoh hewan pemakan tumbuhan yang dapat kamu temukan di sekitar rumah. Berikut adalah beberapa contoh hewan herbivora dari seluruh dunia :

1. Sapi

Sapi merupakan kelompok hewan herbivora karena makanan utamanya berasal dari tumbuhan. Selain itu, sapi juga tergolong sebagai hewan ruminansia, yaitu hewan yang memiliki lambung polygastric.

Biasanya, sapi dimanfaatkan manusia untuk diambl daging dan susunya. Sapi yang dimanfaatkan dagingnya disebut dengan sapi potong, sedangkan sapi yang dimanfaatkan susunya disebut dengan sapi perah.

Terdapat juga jenis sapi yang dimanfaatkan baik daging maupun susunya, yang disebut dengan sapi dual purpose.

Baca juga : ” Perbedaan Hewan Ruminansia dan Nonruminansia “

2. Kerbau

Sama halnya dengan sapi, kerbau juga termasuk ke dalam jenis hewan herbivora karena makanan pokoknya berasal dari tumbuh-tumbuhan.

Kerbau memiliki kebiasaan yang unik, yaitu suka berkubang di dalam lumpur. Kubangan lumpur digunakan oleh kerbau untuk menekan suhu panas pada tubuhnya.

3. Belalang

Belalang merupakan hewan herbivora karena ia suka makan tumbuh-tumbuhan. Makanan belalang pun beragam, tergantung tempat tinggal atau habitatnya.

Seperti daun padi, daun nilam, daun gandum, dan sayuran hijau.

4. Kancil

Kancil suka memakan pucuk dedaunan, sayuran, buah yang telah jatuh dari pohon, dan rerumputan. Oleh karena itu, kancil juga termasuk ke dalam hewan herbivora alias pemakan tumbuhan.

5. Banteng

Banteng memiliki ukuran tubuh yang besar dengan tanduknya yang lebar memanjang. Banteng terkenal karena aksinya.

Dengan ukuran tubuh yang besar, tentunya banteng juga membutuhkan suplai makanan yang besar juga, dan tentunya berasal dari tumbuh-tumbuhan.

6. Ulat

Ulat merupakan sebuah fase dari proses metamorfosis, sehingga nantinya menjadi kupu-kupu.   Sebelum menjadi kupu, ulat memakan banyak dedaunan untuk persiapan proses metamorfosis selanjutnya, yaitu pupa.    

7. Jerapah

Kenal sama hewan berleher panjang yang satu ini ? Yap, Jerapah. Jerapah dapat menjangkau dedaunan di pohon yang tinggi karena memiliki leher yang panjang.

Dedaunan tersebut dimanfaatkan sebagai makanan utamanya sehari-hari. Oleh karena itu, ia termasuk ke dalam hewan herbivora.

8. Gajah

Gajah merupakan hewan herbivora yang ramah. Meskipun termasuk ke dalam hewan liar, gajah dapat dilatih untuk menjadi jinak.   Gajah suka makan buah-buahan segar dan juga sayuran. Mereka mengambil makanan menggunakan belalai yang panjang.  

9. Kambing

Kambing sudah tidak asing lagi tetnya bagi kita, bahkan dagingnya pun sering kita manfaatkan untuk dimakan.

Berbeda dengan domba, makanan utama kambing lebih cenderung ke dedaunan. Hal tersebut juga berkaitan dengan pola makan kambing.   Meskipun keduanya hampir mirip, kambing dan domba tetap bisa deibedakan loh.

Baca juga : ” Perbedaan Kambing dan Domba “

10. Siput

Siput termasuk ke dalam jenis hewan herbivora. Makannnya berupa daun selada, brokoli, buah-buahan, dan lain-lain.

11. Burung Pemakan Biji

Burung merpati termasuk ke dalam hewan herbivora karena ia suka memakan biji-bijian. Seperti jagung, kacang hijau, dan beras merah.

12. Bison

Berbeda denan banteng, bison memiliki tubuh yang lebih kekar dan mlebar. Bison juga termasuk ke dalam hewan herbivora, makanannya sehari-hari adalah rerumputan segar.

13. Kanguru

Kamu pasti sudah tidak asing lagi kan dengan hewan yang suka melompat ini. Yap, kanguru. Kanguru suka makan sayuran dan buah-buahan.

14. Angsa

Kebanyakan angsa hidup di dekat air, mereka juga mencari makanan di sekitar perairan. Makanan mereka dapat berupa tumbuhan akuatik, seperti dedaunan, batang, dan juga akar.

Mereka bersifat herbivora, meskipun terkadang hewan akuatik kecil dapat menjadi makanan mereka.  

15. Onta

Onta merupakan hewan yang identik dengan cuaca panas yang ekstrim, seperti mesir dan saudi arabia. Karena Onta memiliki punuk yang digunakan sebagai tempat cadangan air tubuh.

Onta banyak dimanfaatkan daging dan susunya. Hewan ini termasuk ke dalam hewan herbivora karena makanannya bersumber dari tumbuh-tumbuhan.

16. Rusa

Pernah melihat Rusa ? Saya pernah melihatnya di kebun binatang. Rusa suka makan tumbuh-tumbuhan, buah, dan sayuran segar. Rusa jantan memiliki tanduk panjang yang bercabang.  

17. Kuda

Kuda merupakan hewan yang indah. Bagaimana tidak ? Ia dapat dilatih untuk menari dengan lincah. Makanan pokok sehari-hari berasal dari tumbuhan seperti daun dan rerumputan.

Baca juga : ” Penyakit yang Sering Menyerang Ternak Kuda “

18. Badak

Badak juga merupakan hewan pemakan tumbuhan atau herbivora. Badak merupakan hewan kuat yang memiliki ciri cula di atas hidungnya. Makannya berupa rumput yang ditemuinya.

19. Tapir

Tapir dapat ditemukan di negara Amerika Selatan dan Amerika Tengah, juga Asia Tenggara termasuk Indonesia. Tapir terlihat seperti memiliki belalai, di mana belali tersebut merupakan bentukan hidung dan bagian dari bibir atas.

20. Domba

Domba merupakan hewan ternak herbivora yang sering dimanfaatkan oleh masyarakat, terutama daging dan bulunya. Bulu wol domba dapat dijadikan kain untuk bahan pembuatan tekstil.

Berbeda dengan kambing, domba lebih suka memakan rerumputan dibandingkan dengan dedaunan.  

21. Kelinci

Kelinci termasuk ke dalam herbivora pseudoruminansia, karena ia memiliki kebiasaan memakan fesesnya sendiri di pagi hari. Hal tersebut ditujukan untuk memaksimalkan proses pencernaannya.  

22. Zebra

Belang hitam dan putih, apalagi kalau bukan zebra. Hewan yang sering dijadikan tokoh dalam film kartun ini termasuk ke dalam hewan herbivora.  

23. Keledai

Keledai hampir mirip dengan kuda, namun ukurannya lebih kecil. Keledai suka makan rerumputan yang ditemuinya. Keledai dimanfaatkan masyarkat sebagai alat transportasi untuk membawa barang.

24. Monyet

Monyet masih dapat dijumpai di hutan Indonesia. Namun, pembukaan hutan yang dilakukan secara terus menerus membuat habitat monyet menjadi terancam.

Sehingga sering turuk ke pedesaan untuk mencari makanan. Oleh karena itu, marilah kita jaga habitat monyet agar tetap tetap bisa merasakan kebebasan hutan Indonesia.

25. Kura-kura

Kura-kura darat sering dijadikan hewan peliharaan oleh sebagian masyarakat, bahkan harganya ada yang mahal. Hal itu karena keunikan yang dimilikinya.

Pemeliharaan kura-kura cukup mudah. Kura-kura suka kebersihan. Makanannya juga buah dan sayuran yang mudah didapatkan di pasar terdekat.

26. Orangutan

Orangutan merupakan herbivora dari golongan primata yang harus kita jaga populasinya, karena Orangutan termasuk hewan langka yang hampir punah.

27. Koala

Koala terkenal dengan tingkah lakunya yang lucu, malas, banyak tidur, dan bergerak dengan sangat lambat menjadi keunikan yang dimilikinya. Koala suka memakan buah dan dedaunan di pohon.

28. Llama

Tahukah kamu bahwa llama merupakan hewan yang ekspresif ? Ia dapat menunjukkan kesenangan dan kesedihan. Hewan ini memakan berbagai jenis rerumputan dan dedaunan untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.

29. Iguana

Beberapa orang masih keliru dengan Iguana dan Bunglon, Iguana memiliki bentuk lebih sangar dibandingkan dengan Bunglon. Keduanya merupakan herbivora yang suka sayuran.

30. Bunglon

Bunglon memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Kemampuannya disebut dengan mimikri. Bunglon juga termasuk ke dalam hewan herbivora.

31. Kelelawar

Meskipun terlihat menyeramkan, kelelawar memanfaatkan buah-buahan segar sebagai makanan pokoknya. Meskipun beberapa kelelawar ada yang menghisap darah mangsanya.  

32. Gorila

Gorila juga termasuk ke dalam herbivora, karena ia suka makan tumbuhan dan buah-buahan. Tubuhnya cenderung lebih besar daripada jenis primata yang lain.

33. Kuda Nil

Kuda Nil memiliki gigi yang sangat kuat. Meskipun begitu, Kuda Nil termasuk ke dalam hewan herbivora karena ia memperoleh makanan dari tumbuhan akuatik yang ditemuinya di perairan sungai Nil.

34. Salamander

Salamander merupakan kadal herbivora yang memanfaatkan tumbuhan sebagai makanan pokoknya sehari-hari.