11 Perbedaan Kambing dan Domba yang Harus Kamu Ketahui

11 Perbedaan Kambing dan Domba yang Harus Kamu Ketahui

Kambing dan domba merupakan hewan ternak yang paling sering dimanfaatkan dagingnya oleh masyarakat Indonesia. Harganya yang relatif murah membuat olahan daging kambing dan domba mudah ditemukan. Sebut saja gulai kambing dan sate kambing.

Meskipun keduanya sama-sama ternak herbivora ruminansia, namun kambing dan domba memiliki beberapa perbedaan. Ada banyak sekali perbedaan kambing dan domba yang dapat kita temukan, seperti berbeda dalam hal genus, tingkah laku, ekor, ada tidaknya kelenjar sudorifera, hingga daun telinga yang mereka miliki.

Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai perbedaan domba dan kambing. Dengan mengetahui perbedaan keduanya, kamu dapat dengan mudah mengidentifikasi apakah itu domba, atau kambing. Pengetahuan ini menjadi penting dalam hal usaha, karena berkaitan dengan penerapan manajemen pemeliharaan yang baik dan benar.

DOWNLOAD PDF – Perbedaan Kambing dengan Domba

A. Tabel Perbedaan Kambing dan Domba

Ada beberapa indikator pembeda antara kambing dan domba yang dapat kamu temukan, seperti genus, tingkah laku, makanan, ekor, kelenjar, lesung bibir, arah putaran tanduk, jumlah kromosom, rambut dan bulu, daun telinga, dan juga daging.

1.  Genus

Perbedaan kambing dan domba yang pertama terletak pada genus yang dimilikinya. Kambing dalam bahasa latin disebut juga Capra hirpus, yang berarti kambing berasal dari genus Capra. Sedangkan domba dalam bahasa latin disebut juga Ovis aries, yang berarti domba berasal dari genus Ovis.  

2. Tingkah Laku

Perbedaan kedua terletak pada tingkah laku. Kambing memiliki sifat yang lebih mandiri dibandingkan dengan domba. Sedangkan domba lebih suka bergerombol bersama kawanannya. Kamu dapat dengan mudah menemukan contoh ini pada peternakan kambing dan domba.

Biasanya kambing dipelihara dalam kandang tunggal atau individu. Sedangkan domba dipelihara dalam kandang kelompok. Hal tersebut juga berpengaruh pada tingkat stress hewan ternak, sebab domba yang dipelihara secara individu tentu akan merasa stress.

Baca juga : ” Perbedaan Virus dan Bakteri “

3.  Makanan

Perbedaan selanjutnya terletak pada makanan. Domba cenderung lebih suka memakan rumput yang berada di dasar tanah, cara makannya disebut dengan istilah Grazers. Domba memakan rumput secara acak tanpa memperhatikan umurnya (non selektif).

Sedangkan kambing lebih suka memakan dedaunan dan ranting pohon, tingkah laku tersebut disebut dengan istilah ‘browsers’. Kambing memakan dedaunan secara selektif dengan memperhatikan umur dedaunannya. Hal tersebut digunakan kambing untuk memilih daun muda dan daun tua.

Hal ini juga menjadi dasar perbedaan desain kandang kambing dengan kandang domba. Peletakan tempat pakan untuk kambing lebih tinggi dibandingkan domba. Biasanya pakan kambing diletakkan di atas papan pakan melebihi batas atas tubuhnya. Sedangkan pakan domba diletakkan di sejajar dengan kakinya.

4. Ekor

Kamu dapat membedakan kambing dan domba melalui bentukan ekor. Kambing memiliki ekor yang menjulur ke atas, sedangkan domba memiliki ekor yang menjulur ke bawah. Dalam hal ini, perbedaan yang terdapat pada ekor merupakan cara yang paling mudah untuk mengamati kambing dan domba di lapangan.

5.  Kelenjar Sudorifera

Perbedaan selanjutnya terletak pada ada tidaknya kelenjar sudorifera. Kelenjar sudorifera merupakan kelenjar keringat yang dapat menimbulkan bau. Kambing cenderung memiliki bau yang sangat prengus, sedangkan domba tidak.

Hal tersebut terjadi karena kambing memiliki kelenjar sudorifera. Sedangkan domba tidak memilikinya. Kelenjar sudorifera pada kambing terletak di keempat kakinya. Oleh karena itu, apabila kamu masuk ke dalam kandang kambing baunya akan bertahan lama, terlebih kamu menggunakan jenis pakaian yang tebal.

Baca juga : ” Penyakit yang Sering Menyerang Ternak Kuda “

6. Lesung pada Bibir Atas

Kamu dapat menjumpai lesung pada bibir bagian atas domba. Sedangkan pada kambing tidak ada lesung pada bibir bagian atas. Cara ini dapat diterapkan dengan memperhatikan bagian wajah domba dan kambing secara teliti.  

7.  Putaran Tanduk

Perbedaan domba dan kambing selanjutnya terletak pada arah putaran tanduk. Biasanya, kambing memiliki tanduk dengan arah putaran ke kanan, sedangkan domba memiliki tanduk dengan arah putaran ke kiri.

Namun, cara ini jarang digunakan oleh peternak. Hal tersebut dikarenakan tidak semua domba memiliki tanduk. Selain itu, beberapa domba dan kambing juga memiliki tanduk yang tegak lurus.

 8.  Jumlah Kromosom

Perbedaan lain terletak pada genetika yang dimiliki kedua hewan tersebut, yaitu pada jumlah kromosom. Jumlah kromosom pada kambing adalah 60. Sedangkan jumlah kromosom pada domba hanya 54.  

 9.  Rambut dan Bulu

Kambing memiliki rambut yang lurus dan tipis, sehingga tidak perlu dilakukan pencukuran. Sedangkan domba memiliki bulu yang keriting dan tebal, sehingga perlu dilakukan pencukuran.

Pencukuran bulu domba ditujukan agar domba tidak merasa risih dan terganggu, selain itu bulu domba juga dapat dijual dan dimanfaatkan sebagai wol. Pencukuran bulu domba dapat dilakukan 2 kali dalam setahun.

10. Daun Telinga

Sebenarnya, perbedaan yang satu ini bersifat relatif. Karena panjang telinga hewan ternak merupakan kondisi yang kurang dapat diprediksi. Namun, pada umumnya kambing memiliki daun telinga yang lebih panjang daripada domba.  

11. Daging

Bagi kamu yang menyukai kuliner kambing dan domba, tentu sudah tidak asing lagi dengan perbedaan yang satu ini. Perbedaan daging kambing dan domba terletak pada tekstur dan bau yang dihasilkan. Daging kambing memiliki bau yang prengus dan alot. Sedangkan daging domba tidak berbau prengus dan lebih empuk.

Baca juga : ” Tata Cara IB (Inseminasi Buatan) pada Ayam “

B. Kesimpulan

Perbedaan kambing dan domba juga menjadi dasar perbedaan manajemen pemeliharaan keduanya. Oleh karena itu, sudah sepatutnya peternak melakukan manajemen pemeliharaan kambing dan domba sesuai dengan tingkah laku dan kebiasaan mereka.

Sehingga stress akibat kesalahan manajemen dapat terhindarkan. Terima kasih telah membaca artikel mengenai perbedaan kambing dan domba. Semoga artikel ini bermanfaat dalam penyelesaian permasalahan yang kamu pikirkan selama ini.

Daftar Pustaka :

  • Pengalaman dan Pembelajaran