7 Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

7 Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

apa perbedaan kucing anggora dan persia

Ada berbagai indikator pembeda yang menjadi dasar perbedaan kucing Anggora dan Persia. Seperti daerah asal, ciri fisik yang dimilikinya, hingga kebiasaan yang mereka lakukan.   Kucing Anggora dan Kucing Persia merupakan kucing yang banyak digemari oleh cat lovers di Indonesia.

Bulunya (note : rambut kucing) yang panjang membuatnya terlihat lucu sekaligus anggun, apalagi ditambah dengan mata yang bulat. Bagaimana cat lover tidak terpikat ?

DOWNLOAD PDF – 7 Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

Sebagai pecinta kucing, mengetahui berbagai jenis kucing adalah hal yang menyenangkan. Menjadi kebanggaan tersendiri bagi kamu sebagai cat lover jika mengetahui banyak jenis kucing di dunia, termasuk kucing Anggora dan kucing Persia.

Banyak masyarakat yang belum bisa membedakan kedua jenis kucing imut ini. Padahal, dari segi fisik saja keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. Mau tahu perbedaannya ? Yuk, langsung saja kita lihat perbedaannya  

A. Perbedaan Fisik Kucing

Pembeda pertama antara kucing Anggora dan kucing Persia yang dapat kita temukan adalah ciri fisik dari kedua kucing tersebut.

perbedaan anggora dan persia
perbedaan kucing anggora dan persia

Dengan mengetahui masin-masing ciri fisik, kamu sudah bisa membedakan, yang mana kucing Anggora yang mana kucing Persia dengan mudah.  

Berikut adalah tabel perbedaan kucing Anggora dan kucing Persia :

Ciri FisikKucing AnggoraKucing Persia
HidungMancungPesek
Kerangka WajahOvalBulat
MataSeperti Biji AlmondLebih Bulat
TelingaTelinga Panjang DekatTelinga Pendek Berjarak
KakiKaki PanjangKaki Pendek
EkorEkor Lebih PanjangEkor Lebih Pendek
BuluBulu Anggora LebatBulu Persia Panjang

Kucing anggora memiliki telinga runcing yang menjulang ke atas, dengan jarak telinga yang panjang. Selain itu, hidungnya juga lebih manjung dan mencuat ke bawah.

Kaki kucing anggora panjang, sehingga lebih lincah dalam melakukan pergerakan. Selain itu, ekor yang panjang juga digunakan untuk menjaga keseimbangan.

Berbeda dengan kucing anggora, kucing Persia memiliki mata bulat yang lucu, dengan kombinasi hidung pesek, wajah yang bulat, dan telinga yang pendek.

Kucing Persia juga memiliki kaki yang pendek sehingga pergerakannya tidak terlalu lincah seperti kucing Anggora. Ekornya juga lebih pendek daripada kucing Anggora.

Baca juga : ” Cara Memandikan Kucing dengan Benar “

B. Perbedaan Daerah Asal Kucing

Selain perbedaan fisik, perbedaan kucing Anggora dan Persia yang lain adalah daerah Asal.

Kucing Anggora merupakan kucing yang berasal dari Turki, tepatnya di daerah Ankara. Sedangkan kucing Persia adalah kucing yang berasal dari Iran.

Kucing Anggora dan kucing Persia terus diperkenalkan keberadaannya. Hingga saat ini, kedua kucing tersebut tersebar hampir di seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Baca juga : ” 15 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik untuk Kucing Kamu “

C. Perbedaan Tingkah Laku Kucing

Berbeda jenis kucing, berbeda juga tingkah laku yang mereka miliki, termasuk kucing Anggora dan kucing Persia. Mereka memiliki perbedaan tingkah laku yang cukup signifikan.

Kebanykan literatur menyebutkan bahwa kucing Anggora memiliki tingkah laku yang lebih aktif dibandingkan dengan kucing Persia. Hal itu saya buktikan sendiri, karena teman saya memili kucing jenis ini.

Dilihat dari fisiknya, kedua kucing ini memang memiliki kebebasan pergerakan yang berbeda, seperti kaki yang panjang pada kucing Anggora, dengan kaki yang pendek pada kucing Persia.

D. Perbedaan Harga Kucing

Selain berbagai perbedaan di atas, kucing Anggora dan kucing Persia memiliki harga yang jauh berbeda. Selain karena populasinya, perbedaan harga juga disebabkan karena kualitas kucing tersebut.

Kedua kucing ini memiliki kisaran harga mulai dari Rp. 1.000.000 hingga puluhan juta rupiah. Tergantung dari jenis kucingnya, Top Quality, Breed Quality, maupun campuran.

Baca juga : ” Scabies pada Kucing “

E. Kesimpulan

Kucing kesayangan adalah kucing yang terus menemani kamu dan membuatmu bahagia. Walaupun terkadang menyebalkan, mereka juga memiliki insting untuk menyampaikan perasaannya.

Menjaga kucing kesayangan adalah sebuah keharusan, karena dengan mencintai hewan kita mencintai ciptaan Tuhan.

Persoalan memilih kucing Anggora atau kucing Persia, semua tergantung keinginan cat lover masing-masing.

Saya sendiri memiliki dua kucing kampung yang selalu saya rindukan ketika saya pergi kuliah. Meskipun, terkadang saya marahi karena sering membuat kekacauan. Seperti menumpahkan minyak goreng. Hehe …

Terima kasih telah membaca perbedaan kucing Anggora dan Persia. Semoga membantu sahabat cat lover … Daah