Informasi kesehatan hewan kesayangan seperti anjing dan kucing, serta berbagai hewan ternak meliputi sapi, kambing, domba, ayam dan lainnya. Berbagai teknologi pemberian pakan untuk kesehatan hewan ternak juga dibahas dalam website ini.

"Manusya Mriga Satwa Sewaka"

Gigih Fikrillah S, S.K.H. | Hubungi Kami

Kenapa Kucing Bawa Tikus atau Buruan ke Rumah

Halo pawrents, memiliki peliharaan seekor kucing atau anabul adalah sebuah hal yang sangat menyenangkan. Terlebih lagi jika kucing yang kita pelihara memiliki sifat yang lucu dengan kebiasaan yang aneh, tentu menjadi warna warni tersendiri bagi kamu dalam memelihara kucing. Salah satu aktivitas atau kebiasaan yang aneh adalah kucing bawa tikus atau buruan ke rumah. Kenapa ya ?

Dan biasanya kejadian tersebut terus terjadi berulang selama beberapa hari, seakan kucing ingin memberikan hadiah kepada kita atau sebagai ucapan kasih sayang dan terim kasih karena telah merawatnya dengan baik. Kali ini kita akan membahas kenapa kucing bawa tikus atau buruan ke rumah.

Bagi kamu yang memelihara kucing untuk membantu mengusir hama, tentu memiliki kucing dengan insting berburu yang tinggi adalah hal yang sangat menguntungkan. Tetapi tidak bagi kita yang ingin memelihara kucing sebagai teman bermain. Bayangkan saja jika tiba-tiba di tempat duduk ada sebuah kadal yang sudah mati, sangat mengerikan bukan ?

Kucing dilahirkan untuk melakukan perburuan, meskipun mereka tahu bahwa mereka tidak perlu berburu untuk mendapatkan makanan, tetapi mereka tetap melakukannya.

Kucing tidak dapat menahan keinginan untuk berburu dan sering kali menikmatinya. Beberapa kucing yang menangkap mangsa atau hasil buruan akan membawa hewan mati kepada pemiliknya atau, mungkin yang lebih tidak buruk lagi terkadang yang masih hidup juga dibawa kemudian dipamerkan hasilnya entah itu untuk dikonsumsi nanti, sebagai alat bantu mengajar, atau sebagai hadiah.

Begitulah kata Amy Shojai dalam tulisannya yang berjudlu “Why Do Cats Bring Their Owners ‘Gifts’ of Dead Animals ?” dan diterbitkan di The Spruce Pets.

Kucing bawa tikus

● Untuk Dikonsumsi

Kemungkinan yang pertama kucing bawa tikus ke rumah adalah untuk dikonsumsi. Selain tikus, biasanya kucing juga mendapatkan buruan lainnya, seperti burung, belalang, bahkan kadal.

Beberapa kucing melakukan perburuan itu memang untuk memakannya. Kucing merupakan predator kecil yang sangat menggemaskan dan meskipun telah dijinakkan selama ribuan tahun, naluri berburu ini masih tetap ada.

Namun, hal ini harus diwaspadai karena beberapa hewan mungkin membawa agen penyakit, seperti bakteri dan parasit. Tentu ini menjadi hal yang berbahaya baik bagi kucing kamu maupun bagi kamu sendiri.

Terlebih lagi bila yang dibawa adalah seekor tikus yang sudah mati, kita harus bersikap curiga dan segera membuang hasil buruan tersebut atau menguburnya ke dalam tanah yang dalam. Karena bisa jadi tikus tersebut mati akibat mengonsumsi racun tikus.

Apabila kucing mengonsumsi tikus yang mati akibat diracun, kucing juga bisa keracunan. Karena dalam tubuh tikus tersebut, masih mengandung racun yang sangat berbahaya bagi kucing.

Baca juga artikel mengenai : ” Memberi Raw Food untuk Kucing Apakah Aman ? “

● Alat bantu mengajar

Yups.. mungkin kucing pawrents ingin mengajari pawrents tata cara berburu. Kucing menajari tata cara berburu dengan cara mereka sendiri, salah satunya adalah dengan memamerkan hasil buruannya. Seperti berkata bahwa “ini adalah hasil buruanku, kamu harus mencoba untuk berburu”.

Karena bagaimanapun juga kucing memiliki naluri perburuan yang tinggi. Mereka akan membawa hasil buruan mereka ke tempat yang dirasa aman. Salah satunya adalah rumah.

● Bentuk kasih sayang

Sebagai hewan peliharaan yang sangat peka, kucing memiliki rasa kasih sayang kepada pemiliknya. Sebagai kucing, mungkin saja dia ingin mengungkapkan rasa kasih sayang tersebut. Yaitu dengan cara membawa tikus atau hasil buruan lainnya untuk kita. Buruan tersebut mereka berikan sebagai bentuk hadiah.

Perilaku perburuan ini sulit untuk dihentikan, tetapi dapat diminimalisir. Beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk meminimalisir perilaku perburuan tersebut adalah sebagai berikut :

  • Memasang lonceng pada kalung mereka. Lonceng dapat membuat suara ketika kucing bergerak. Sehingga hewan seperti burung memiliki waktu untuk sadar dan terbang terlebih dahulu.
  • Meletakkan pakan burung ketika kucing berada di dalam rumah. Hindari meletakkan pakan buruh ketika kucing berada di luar rumah. Karena mungkin mereka menunggu dan mengintai untuk menerkam burung yang datang.
  • Jangan biarkan kucing keluar pada waktu-waktu tertentu. Meskipun memang lumayan sulit untuk melakukan hal tersebut.
  • Mengalihkan energi kucing dengan mengajak mereka bermain. Permainan dapat membantu mereka untuk mengeluarkan energi. Sehingga mereka bisa tidur dengan tenang.

Beberapa informasi di atas diambil dari berbagai pendapat yang ada. Hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah buruan apa yang mereka bawa. Selalu waspada apabila yang mereka bawa adalah tikus mati.

Baca juga artikel mengenai : ” 6 Daftar Makanan Kucing Murah dan Bergizi “

Apabila mereka meletakkan hasil buruan di lantai dan meninggalkannya. Segera bersihkan hasil buruan tersebut. Terima kasih telah membaca artikel mengenai kenapa kucing bawa tikus atau hasil buruan ke rumah. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi kita semua.

Selalu jaga pola makan kucing kamu di rumah, dan rutin memberikan obat cacing dan pencegah kutu untuk kucing. Agar mereka tetap sehat dan nyaman. Kamu bisa berkonsultasi dengan dokter hewan terdekat di rumah kamu.

Gigih Fikrillah S
Gigih Fikrillah S

Content writer yang tertarik dengan dunia digital. Suka hewan dan sayang kekasih.

Articles: 234

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *