Memberi Raw Food untuk Kucing ?

Raw food kucing merupakan makanan kucing mentah, biasanya terbuat dari daging ayam, daging sapi, atau daging ikan. Raw food berbeda dengan wet food, perbedaannya terletak pada ada tidaknya komposisi atau ingredients tambahan di dalamnya. Apakah raw food untuk kucing aman ? Seperti yang kita ketahui bahwa pada dasarnya hampir semua makanan segar memiliki cemaran mikroba dan parasit.

Pemberian nutrisi yang cukup untuk hewan peliharaan atau pet animal seperti kucing atau yang lebih akrab kita sapa anabul menjadi hal yang penting. Selain untuk menjaga stamina hewan peliharaan, kecukupan asupan nutrisi juga dapat memegaruhi kesehatan anabul jangka panjang. Salah satu makanan yang dapat diberikan adalah raw food untuk kucing. Pada artikel kali ini, kita akan membahas apa itu raw food dan apakah raw food aman untuk kucing ?

A. Pengertian Raw Food

Raw Food merupakan bahasa inggris yang digunakan untuk mengistilahkan makanan mentah. Raw food kucing merupakan makanan kucing mentah, biasanya terbuat dari daging ayam, daging sapi, atau daging ikan. Raw food berbeda dengan wet food, perbedaannya terletak pada ada tidaknya komposisi atau ingredients tambahan di dalamnya. Raw food tidak ada tambahan sedangkan untuk wet food terdiri dari berbagai bahan tambahan atau ingredients.

B. Manfaat Raw Food Kucing

Berikut ini adalah beberapa manfaat memberikan raw food untuk kucing :

• Mendukung kesehatan dan kebersihan gigi
  • Mencukupi kebutuhan cairan tubuh
  • Menyediakan protein yang lebih efisien
  • Memiliki kadar karbohidrat yang lebih rendah untuk membantu mencegah obesitas dan diabetes
  • Tersedia berbagai pilihan raw food kemasan yang mudah didapatkan di supermarket

C. Apakah Raw Food Aman ?

Kucing membutuhkan makanan dengan komposisi protein yang tinggi, karena mereka menggunakan lebih banyak protein daripada karbohidrat sebagai sumber energi utama mereka. Asam amino tertentu, terutama taurin, serta asam arakidonat, vitamin A, vitamin D, dan banyak vitamin B, juga harus ada dalam pakan dengan jumlah yang cukup.

Solusi untuk pemberian makanan berprotein tinggi adalah raw food, misalnya daging mentah. Meskipun begitu, pemberian raw food juga harus diperhatikan karena memiliki resiko terhadap cemaran yang bersifat patogen.

Seperti yang kita ketahui bahwa pada dasarnya hampir semua makanan segar memiliki cemaran mikroba dan parasit. Oleh karena itu, salah satu dampak buruk pemberian raw food adalah keberadaan bakteri dan parasit patogen yang bisa menimbulkan penyakit pada anabul.

Contohnya adalah keberadaan bakteri Salmonella sp dan Escherichia coli. Gejala paling ringan yang ditimbulkan adalah diare dan kekurangan cairan. Sehingga, bukannya kucing menjadi sehat tetapi malah dikhawatirkan akan sakit.

Studi mengungkapkan bahwa makanan hewan peliharaan mentah yang disiapkan secara komersial mengalami peningkatan tingkat kontaminasi dengan patogen potensial seperti Salmonella, Listeria, dan E. Coli dibandingkan dengan makanan hewan peliharaan “biasa” (Cat Nutrition Center, PETMD).