Makanan Kucing Basah VS Kering Bagus Mana ?

Makanan Kucing Basah VS Kering Bagus Mana ?

makanan kucing basah vs kering bagus mana

Ada dua jenis makanan yang dapat diberikan untuk kucing kesayangan kamu cat lover, yaitu makanan basah dan makanan kering. Mana yang lebih bagus ? Yap, kali ini kita akan membahas makanan kucing basah vs kering. Masing-masing jenis makanan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan, baik dalam hal gizi, harga, maupun rasa.

DOWNLOAD PDF – Makanan Kucing Basah VS Kering

Pemberian makanan basah yang terlalu sering dapat menyebabkan diare. Karena kandungan air dalam makanan kering cukup tinggi. Sedangakan pemberian makanan kering untuk kucing dalam jangka waktu panjang dapat menyebabkan terjadinya penyakit kantung kemih FLUTD (Feline Lower Urinary Tract Desease).

Oleh karena itu, pemberian pakan untuk kucing sebaiknya dilakukan secara bergantian. Agar kucing kesayangan kamu tidak bosan dan tetap sehat. Mengenai kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis pakan, berikut adalah penjelasannya :

A. Kelebihan Makan Kering Kucing

1. Lebih Awet

Yap, salah satu kelebihan yang dimiliki oleh makanan kering kucing adalah tahan lama. Hal tersebut karena kadar air di dalam pakan sedikit, sehingga jamur tidak mudah untuk tumbuh.

Selain itu, makanan kering dapat diletakkan di dalam wadah pakan selama seharian. Tapi, jangan terlalu lama ya :v karena kotoran dapat saja merusak pakan kucing kesayangan kamu.

2. Harganya Relatif Murah

Makanan kucing basah vs kering berikutnya adalah soal harga. Makanan kering memiliki harga yang relatif murah. Yaitu kisaran Rp. 10.000 hingga Rp. 50.000. Sedangkan makanan basah memiliki harga yang lebih mahal, biasanya di atas Rp. 50.000.

Baca juga : ” FLUTD (Feline Lower Urinary Tract Desease) pada Kucing “

B. Kekurangan Makanan Kering Kucing

1. Zat Pengawet

Untuk memaksimalkan ketahanannya, makanan kering biasanya ditambahkan zat pengawet. Sehingga lebih tahan terhadap jamur. Penambahan zat pengawet yang terlalu banyak tentu tidak bagus untuk kesehatan kucing kamu yang lucu.

2. Nafsu Makan Kurang

Coba deh kamu bandingkan aroma makanan kucing yang kering dengan aroma makanan kucing yang basah. Pasti lebih harum yang basah.   Hal itu membuat kucing lebih tertarik dengan makanan yang basah.

3. Dapat Menyebabkan FLUTD

Pemberian makanan kering yang kering terlalu sering dapat menyebabkan penyakit FLUTD (Feline Lower Urinary Tract Desease). Hal tersebut terjadi karena kandungan Mg (Magnesium) dalam makanan kering banyak.

Baca juga : ” Cara Memandikan Kucing dengan Benar “

C. Kelebihan Makanan Basah Kucing

1. Nafsu Makan Tinggi

Makanan kucing yang basah cenderung memiliki aroma yang lebih pekat dan lezat daripada makanan kucing yang kering. Hal itu membuat kucing lebih suka diberi makanan basah.

Selain itu, kandungan air di dalam pakan membuat kucing kesayangan kamu mudah memakannya.

2. Minim Zat Pengawet

Yap, makanan kucing yang basah biasanya disimpan dan diperjualbelikan dalam bentuk kaleng. Sehingga penggunaan zat pengawet lebih minim (sedikit).

Tips : Pemberian makanan untuk kucing dapat dilakukan secara bergantian. Hal tersebut dilakukan agar kucing kesayangan kamu tidak merasa bosan :v

D. Kekurangan Makanan Basah Kucing

1. Harganya Jauh Lebih Mahal

Ini sudah menjadi rahasia umum di kalangan cat lovers, kalau harga makanan basah cenderung lebih mahal. Namun, hal tersebut sesuai kok dengan manfaat yang didapatkan. Karena nutrisinya jauh lebih lengkap dibandingkan dengan makanan kering.

Siap-siap saja merogoh kocek yang agak dalam untuk memanjakan kucing kesayangan kamu yang lucu, imut, dan menggemaskan :v Siapa nama kucing kamu ? Tulis di kolom komentar yaa.

2. Harus Habis

Makanan kucing yang basah apabila kemasan kalengnya sudah dibuka harus cepat dihabiskan. Karena jika dibiarkan terlalu lama bisa basi. Usahakan pakan kucing habis dalam waktu sekali pemberian, agar pakan tetap dalam kondisi segar ketika diberikan.

3. Dapat Menyebabkan Diare

Kadar air yang terlalu tinggi pada makanan basah dapat menyebabkan kucing mencret atau diare. Sehingga pemberiannya harus dikontrol dengan baik.

Baca juga : ” Cara Memotong Kuku Kucing dengan Benar “

Makanan kucing kering dan makanan kucing basah memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan. Sekarang tinggal kamu sebagai pemilik kucing untuk bersikap bijak dalam memberikannya.

Misalnya memberikan pakan kering hari ini dan besoknya memberikan makanan yang basah. Hal itu dapat membuat kucing bugar dan sehat. Juga terhindar dari rasa bosan untuk makan :v

Namun, kucing yang sudah terbiasa diberikan makanan basah sulit untuk diberikan makanan kering. Butuh kesabaran dan hati yang tulus agar si kucing mau memakannya.

Itulah beberapa makanan kucing basah vs kering yang bisa kami sampaikan. Terima kasih telah membaca artikel mengenai kelebihan dan kekurangan makanan basah dan makanan kering untuk kucing. Semoga artikel ini membantu hari kamu.