Cara Memotong Kuku Kucing dengan Benar

Cara Memotong Kuku Kucing dengan Benar

cara memotong kuku kucing

Mengetahui cara memotong kuku kucing peliharaan dengan benar adalah hal yang penting.  Karena hal tersebut merupakan langkah sederhana dalam merawat kucing kesayangan kamu. Pemotongan kuku dilakukan untuk mengindari cakaran.

Baik cakaran pada tubuh kita maupun cakaran pada benda-benda di rumah, seperti sofa dan karpet. Sebenarnya kuku memiliki beragam manfaat bagi kucing, seperti memanjat, keseimbangan, pertahanan diri, menggali, dan mencengkeram mangsa.

DOWNLOAD PDF – Cara Memotong Kuku Kucing

Namun, karena terlalu tajam terkadang malah merugikan. Oleh karena itu, perlu dilakukan pemotongan kuku kucing.

Pemotongan kuku kucing hanya ditujukan untuk mengurangi ketajamannya saja tanpa mengganggu fungsinya. Pemotongan kuku dapat dilakukan dua minggu sekali. Kucing yang dipotong kukunya sejak kecil tentu terbiasa ketika dipotong.

Namun, kucing dewasa yang baru dipotong pertama kali akan sedikit mengalami stress karena tidak bisa mencakar benda di sekitarnya. Selain itu, kucing juga dapat memberontak ketika dipotong kukunya.

Kuku kucing merupakan salah satu modifikasi epidermis kulit. Kuku tersusun oleh sel epidermal padat yang mengalami penandukan.

Berbeda dengan anjing, kuku kucing dapat keluar dan masuk ke dalam kulit. Hal itu terjadi karena adanya bentukan otot, tendo, dan ligamentum khusus yang bersinergi dalam melakukan aktivitas tersebut. Kaki kucing bagian depan memiliki 5 jari lengkap dengan kukunya yang berbentuk sabit. Sedangkan kaki bagian belakang memiliki 4 jari dengan 4 kuku.

Pemotongan kuku kucing harus dilakukan secara hati-hati agar kucing tidak terluka. Karena tepat di atas kuku terdapat bantalan kuku berupa daging yang dinamakan dengan quick.

Berikut adalah cara memotong kuku kucing dengan benar :

Baca juga : ” Kastrasi pada Kucing “

1. Persiapkan Alat Pemotong Kuku Kucing 

Cara memotong kuku kucing yang pertama adalah mempersiapkan peralatannya. Seperti alat potong kuku kucing atau gunting kuku kucing.

Terdapat pemotong kuku yang khusus digunakan untuk memotong kuku kucing. Kamu bisa membelinya di petshop terdekat atau di toko online.

2. Tenangkan Kucing

Usahakan kucing dalam keadaan tenang agar mudah dilakukan pemotongan. Kucing dapat ditenangkan dengan cara dielus kepalanya atau diberikan snack kesukaannya.

Sehingga kejadian yang tidak diinginakan dapat dihindari, misalnya dicakar karena kucing memberontak.

3. Pegang Kaki Kucing dengan Benar 

Cara memegang yang salah akan menyulitkan kamu untuk melakukan pemotongan.

Cara memegang yang benar adalah dengan cara memeegang kaki kucing menggunakan jari telunjuk dan ibu jari dengan tangan kiri. Sedangkan tangan kanan memegang pemotong kuku.

4. Keluarkan Kuku Kucing 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kuku kucing dapat masuk ke dalam kulit sehingga tidak terlihat. Cara mengeluarkannya adalah dengan menekan bantalan kaki kucing.

5. Potong Kuku Kucing dari Arah Atas 

Pemotongan kuku dilakukan dari arah atas untuk menghindari terjadinya pecah pada kuku.

6. Potong secara Perlahan agar Kucing Tidak Terluka

Tidak perlu memotong kuku kucing terlalu pendek, karena bisa menganai batas tumbuh kuku yang dinamakan quick.

Apabila quick terpotong, maka kucing dapat terluka dan mengalami kesakitan. Hal tersebut menyebabkan kucing trauma dan tidak mau dipotong lagi kukunya.

7. Lakukan Pemotongan Kuku secara Bertahap

Ketika kucing baru pertama kali dipotong kukunya, cobalah untuk memotong dua atau tiga kuku dalam sekali pemotongan sebagai adapatasi awal.

Hal tersebut dapat menghindakan kucing dari stress yang berlebihan karena tidak nyaman.

Memotong kuku kucing bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Hanya saja dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan dalam melakukannya.

Karena apabila salah memotong, maka kucing akan merasa tidak nyaman dalam melakukan aktivitasnya.

Terima kasih telah membaca artikel mengenai Cara Memotong Kuku Kucing dengan Benar

Baca juga : ” Cara Memandikan Kucing dengan Baik dan Benar “