17 Jenis Kucing Peliharaan yang Lucu dan Menggemaskan

17 Jenis Kucing Peliharaan yang Lucu dan Menggemaskan

jenis kucing lucu

Jenis kucing yang sering dijumpai di Indonesia adalah kucing lokal, kucing persia, dan kucing angora. Namun, tahukah kamu masih banyak jenis kucing di luar sana yang dapat kita jumpai ?

Mengenal jenis jenis kucing adalah hal yang mengasyikkan. Karena dengan mengetahui jenisnya, maka kita akan tahu asalnya dari mana hingga perawatan khusus yang harus diterapkan untuk kucing tersebut.

Kucing merupakan hewan peliharaan yang sudah sangat akrab dengan manusia. Kehadirannya sebagai hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan menjadikan banyak orang suka memeliharanya.

Berbeda orang berbeda juga jenis kucing yang disukai. Ada orang yang suka kucing aktif, ada juga yang tidak. Ada orang yang suka dengan kucing bebulu panjang, ada juga yang tidak.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui jenis kucing yang terdapat di dunia ini. Berikut adalah beberapa jenis kucing yang sering dipelihara oleh masyarakat umum :

Info Penting : Sebenarnya, penyebutan bulu kucing adalah hal yang keliru. Namun, karena terlalu sering digunakan apabila diganti menjadi rambut kucing menjadi canggung :v

1. British Shorthair

British Shorthair merupakan kucing peliharaan yang berasal dari negara Inggris. Kucing ini memiliki ciri bulu pendek, mata yang bulat, dan kaki bulat yang panjang.

British Shorthair merupakan kucing yang memiliki karakter tenang. Jadi kucing yang satu ini pas untuk kamu yang tidak terlalu suka kucing yang terlalu aktif.

Berat kucing sehat jantan bisa mencapai 10 kg sampai 18 kg, sedangkan yang betina 6 kg sampai 12 kg.

Terdapat berbagai warna bulu untuk kucing British Shorthair, di antaranya adalah white, black, tabby, lilac, dan british blues yang menjadi favorit banyak orang.

British Shorthair memiliki harga yang cukup mahal, yaitu sekitar 4 juta untuk kucing tanpa sertifikat. Sedangkan kucing yang memiliki sertifikasi lengkap harganya bisa mencapai 15 juta untuk satu ekor.

2. Persian

Kucing Persia merupakan kucing yang memiliki bulu panjang. Terdapat berbagai jenis kucing Persia, di antaranya dalah Persia medium, Persia hidung pesek, Persia Eksotis, Persia himalaya, dan Persia hidung datar.

Di mana Persia Himalaya merupakan perkawinan silang antara kucing Persia dengan kucing Siam.   Kucing persia secara umum memiliki ciri berbulu panjang, wajah yang membulat, dan hidung yang pesek.

Persia merupakan kucing yang manja, sehingga cocok buat kamu yang suka manja-manjaan sama kucing. Beberapa orang merasa kesulitan untuk membedakan kucing angora dengan kucing persia. Padahal keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Kucing persia memiliki bulu yang lebat di seluruh tubuhnya, sedangkan kucing angora hanya lebat pada ekornya saja.

Kucing persia juga memiliki hidung yang lebih pesek dengan wajah yang datar dibandingkan dengan kucing angora. Merawat kucing Persia gampang gampang susah, karena bulunya yang panjang sangat mudah terkena kotoran. Hal itu menjadikan kucing ini harus sering dimandikan.

3. Siamese

Kucing Siamese atau kucing siam merupakan kucing oriental. Kucing siam berasal dari negara tetangga Thailand sehingga akan banyak ditemukan kucing jenis ini di sana.   Kucing siam memiliki tubuh ramping dengan kaki dan ekor yang panjang. Matanya berwarna biru dan terdapat pola bulu khas pada tubuhnya.

Semakin tua umur kucing, maka warna bulunya juga akan semakin tua. Kucing siam merupakan kucing yang memiliki keprobadian aktif, sehingga cocok untuk diajak bermain. Kucing ini juga tidak suka ditinggal sendirian di dalam rumah. Ia lebih suka diajak bermain dan berjalan-jalan ke luar rumah.

Kucing siam mudah untuk beradaptasi dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Terdapat tiga jenis kucing siam yang diketahui di dunia, yaitu siam tradisional, siam klasik, dan siam modern.

4. Maine Coon

Maine Coon merupakan kucing yang berasal dari Maine, Amerika Serikat. Kucing ini disebut juga dengan kucing bulu panjang Amerika. Maine coon memiliki tubuh yang kuat dan berotot. Bahkan tingginya dapat mencapai 1 meter dengan bobot jantan 6 kg sampai 9 kg, sedangkan bobot kucing betina 4 kg sampai 6 kg.

Maine Coon memiliki ukuran kepala yang sedang dengan telinga yang lebar. Lehernya kuat, tubuhnya ditumbuhi bulu yang panjang, dan memiliki ekor yang panjang.   Bulu Maine Coon lebat dengan panjang sekitar 7 cm, halus, dan lembut serta tahan air. Pada bagian lehernya, terdapat bulu seperti surai pada singa.

5. Ragdoll

Ragdoll merupakan kucing yang memiliki tubuh besar dengan bobot jantan mencapai 5.4 kg sampai 9 kg, sedangkan bobot betina mencapai 5.4 kg sampai 6.8 kg.

Ragdoll merupakan salah satu ras kucing terbesar di dunia. Bahkan telah diakui oleh Guinness World Records. Selain memiliki tubuh tubuh yang besar, ciri Ragdoll lain yang dapat dijumapi adalah memiliki bulu yang sedang dengan tekstur bulu seperti pada kelinci.

RFCI (Ragdoll Fanciers Club International) merupakan sebuah organisasi yang ditujukan untuk memandu dan mengatur peternak kucing Ragdoll untuk menyebarluaskan ras kucing tersebut.

6. Japanese Bobtail

Japanese Bobtail atau kucing ekor bundel Jepang merupakan kucing yang berasal dari Jepang. Kucing ini memiliki badan yang berotot dengan ciri khas ekor yang bundel. Ekor bundel menjadikannya sangat imut jika dilihat dari belakang, karena ekornya pendek seperti dipotong namun membulat.

Bulunya juga halus dan lembut dengan warna tertentu. Selain itu, kucing ini memiliki mata membulat dan telinga yang lebar, juga lekukan pipi wajah yang menyudut. Kucing ini memiliki kepribadian yang aktif, suka bermain, dan cerdas. Kucing ini juga patuh kepada majikannya. Sehingga cocok buat kamu yang suka bermain dengan kucing.

7. Sphynx

Kucing Shpynx merupakan kucing hasil rekayasa genetika. Banyak orang yang mengira kucing Sphinx berasal dari Mesir, padahal kucing ini berasal dari Canada. Jauh bukan ?

Kucing Sphynx merupakan kucing yang memiliki bulu sangat pendek. Bahkan saking pendeknya hingga tampak seperti tidak memiliki bulu. Kucing ini dahulunya memiliki nama Candian hairless.

Di Indonesia sendiri, kucing Shpynx impor memiliki harga yang mahal yaitu sekitar 25 juta rupiah. Kucing Shpynx memiliki ukuran tubuh yang sedang dengan kepala segitiga dan telinga lebar. Kulit pada tubuhnya memiliki bulu halus dan membentuk kerutan di beberapa bagian seperti kepala, leher, tubuh, dan kaki.

8. Bengal

Kucing Bengal atau yang biasa disebut dengan Blacan merupakan kucing keturunan ketiga dari persilangan American Shorhair dengan Asian Leopard yang dilakukan oleh ahli genetika dr. Centerwall. Kucing Bengal berasal dari California, Amerika Serikat.   Meskipun termasuk kucing hutan, kucing Bengal banyak digemari masyarakat karena keunikan pola pada bulunya.

Kucing Bengal memiliki tubuh yang besar dengan bobot jantan dapat mencapai 10 kg, sedangkan bobot betina sekitar 4 kg sampai 5 kg. Kucing Bengal memiliki warna bulu yang khas, yaitu cokelat dengan bintik kehitaman yang merata di seluruh tubuhnya.

Berbeda dengan kebanyakan kucing, kucing Bengal merupakan kucing yang suka air. Sehingga tak jarang kucing ini diajak mandi di bathup bersama pemiliknya.

9. Exotic Shorthair

Exotic shorthair merupakan kucing hasil persilangan antara kucing Persia dengan kucing American Shorthair.

Memiliki sifat yang pemalas, kucing ini menjadi terlihat menggemaskan bagi beberapa orang. Namun, dalam beberapa keadaan kucing Exotic Shorthair juga mau diajak bermain.

Kucing ini memiliki banyak variasi warna dengan pola bergaris (stripped) yang jelas. Hidungnya pesek, bulunya pendek, dan memiliki mata bulat dengan warna tertentu seperti kuning, biru, dan keemasan.

Bobot kucing ini tidak terlalu berat, yaitu 4 kg sampai 6 kg untuk kucing dewasa. Kucing ini disebut juga dengan kucing garfield karena ditampilkan menjadi salah satu tokoh utama di film terkenal. Lucu bukan ?

10. Calico

Kucing Calico atau yang dikenal dengan kucing telon merupakan kucing yang memiliki tiga warna pada bulunya. Belang tiga tidak termasuk ke dalam ras kucing, hanya mengacu pada warnanya saja.

Ras kucing yang memiliki tiga warna adalah Japanese Bobtail, Manx, British Shorthair, Exotic Shorthair, dan beberapa ras lainnya. Kucing Calico atau belang tiga muncul akibat variasi gentik yang dihasilkan dari berbagai perkawinan, hingga muncul kucing dengan tiga warna.

Sebenarnya, warna putih yang dimiliki kucing Calico bukan gen warna, melainkan gen modifikasi yang tidak terpengaruh oleh kromosom seks X dan Y.

11. Bombay

Kucing Bombay merupakan hasil persilangan antara American Shorthair dengan Kucing Burma. Kucing ini memiliki bulu yang seluruhnya berwarna hitam.

Bulunya yang halus dan licin membuatnya mudah untuk disisir. Selain itu, kucing Bombay juga memiliki kepala bulat dengan hidung yang mancung. Kucing Bombay memiliki kepribadian yang menyenangkan. Kucing ini memiliki karakter yang tenang sehingga cocok digabungkan dengan kucing ras lain.

Tubuh kucing Bombay sehat dapat mencapai bobot 3,5 kg sampai 7 kg.

12. Burmese

Kucing Burma atau Burmese merupakan kucing yang berasal dari Burma. Kucing ini mudah beradapatasi dengan lingkungan sekitar.

Kucing ini tidak suka jika ditinggal sendirian terlalu lama. Bahkan menurut penelitian CFA (Cat Fancier’s Association), kucing Burma yang sering ditingal sendirian terlalu lama menjadi tidak patuh kepada manjikannya.   Kucing Burmese memiliki tubuh berotot dengan berat sekitar 4 kg sampai 6 kg. Kepalanya bulat dengan ukuran telinga yang lebar meruncing.

13. Abyssinian

Kucing Abyssinian atau Abisinia merupakan ras kucing dengan bulu pendek tertua yang pernah diketahui. Bulu pendeknya yang halus memiliki warna khas, yaitu kecokelatan dengan dasar hitam.

Sehingga terlihat seperti kucing gurun. Abisinia juga memiliki pola bulu yang khas, yaitu agouti berbintik. Selain bulunya yang pendek, kucing ini juga memiliki telinga yang runcing sehingga kepalanya terlihat segitiga.

Abisinia juga memiliki badan berotot dengan kaki yang ramping dan panjang. Selain itu, ekornya juga panjang meruncing. Kucing Abisinia memiliki karakter pendiam, cerdas, dan rasa ingin tahu yang tinggi. Selain itu, kucing ini juga penurut, mudah dilatih, dan tidak suka merusak barang.

14. Angora

Kucing Angora merupakan kucing yang banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan oleh masyarakat Indonesia. Selain karena tingkah lakunya yang lucu, kucing angora juga memiliki bulu yang panjang dan anggun.

Kucing Angora memiliki ukuran tubuh yang sedang, badannya berotot, panjang, dan ramping. Berbeda dengan kucing Persia, kucing Angora memiliki wajah yang lebih runcing dengan hidung yang mancung.

Kucing Angora adalah kucing yang aktif, senang bermain, energik, dan penurut. Sehingga cocok buat kamu yang suka bermain bersama kucing kesayangan.

Kucing ini akan merasa sedih jika ditinggal sendirian terlalu lama di dalam rumah, apalagi jika di masukkan ke dalam kandang.

15. Hymalayan

Kucing Himalaya merupakan kucing hasil persilangan antara kucing Persia dengan kucing Siam.

Persilangan tersebut ditujukan untuk mendapatkan ras kucing dengan tipe badan kucing persia, namun dengan pola warna kucing Siam.

Kucing Himalaya memiliki tubuh yang sama seperti kucing Persia pada umumnya, yaitu tubuh yang gemuk, bulat, dengan kaki yang pendek.

Meskipun begitu, terdapat beberapa kucing Himalaya yang tubuhnya menyerupai kucing Siam, langsing dan anggun. Kucing Himalaya adalah kucing yang aktif dan suka bermain. Kucing ini juga cerdas, lembut, suka dimanja, dan setia kepada majikannya.

16. American Curl

American Curl (Kucing Telinga Ikal America) merupakan kucing yang berasal dari Lakewood, California, Amerika Serikat. Telinga yang melipat menjadi dasar pemberian nama pada kucing tersebut.

Kucing American Curl mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Selain itu, ia suka bermain dan tinggal bersama hewan peliharaan lainnya.  

17. Munchkin

Munchkin merupakan kucing ras kaki pendek yang berasal dari Amerika Serikat. Ras tersebut terbentuk karena mutasi genetik secara alami. Dengan ukuran kaki yang pendek, kucing Munchkin sangat lucu dan menggemaskan.

Kucing Munchkin adalah kucing yang mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Kucing ini juga lebih suka duduk dengan posisi tengkurap seperti kelinci.

Kucing Munchkin merupakan salah satu bentuk keberhasilan mutasi genetik secara alami. Hal tersebut karena kucing ini tidak mengalami gangguan tulang punggung.

Nah, itulah beberapa ras kucing yang sering dijadikan sebagai hewan peliharaan. Terdapat berbagai ras kucing yang sangat menarik dan lucu.

Sekarang, kamu tinggal memilih ingin memelihara kucing yang seperti apa.   Terima kasih telah membaca artikel Jenis Kucing Peliharaan yang Lucu dan Menggemaskan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca.

Baca juga : ” Cara Memandikan Kucing dengan Benar “