15 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik untuk Kucing Lucu Kamu

15 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik untuk Kucing Lucu Kamu

rekomendasi makanan kucing

Memilih makanan kucing untuk kucing kesayangan adalah hal yang penting untuk dilakukan. Hal ini berkaitan dengan kualitas makanan yang diberikan, baik dari segi rasa maupun dari segi nutrisi yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu, kamu perlu mencari rekomendasi makanan kucing terbaik dengan harga yang tepat.

Jika kamu memiliki lebih dari satu ekor kucing, misalkan Joni dan Jono, tentu kamu akan memilih makanan kucing yang pas dengan kantong, namun tetap memiliki nutrisi yang cukup untuk kucing.

Nah, sebelum kami memberikan rekomendasi makanan kucing, ada baiknya kamu mengetahui apa saja nutrisi yang dibutuhkan si kucing. Sehingga tumbuh kembangnya akan selalu terjaga.

A. Kebutuhan Nutrisi dan Makanan Kucing

Kucing adalah hewan karnivora yang suka makan daging, ikan, dan berbagai sumber makanan hewani yang lain.   Berbeda umur kucing, berbeda juga jenis makanan yang harus diberikan. Karena, pada dasarnya kitten membutuhkan nutrisi yang lebih banyak dibandingkan kucing dewasa. Begitu juga kucing betina yang sedang bunting.

Berikut adalah beberapa kebutuhan nutrisi kucing sesuai keadannya, mulai dari kitten, kucing dewasa, kucing tua, dan kucing bunting.

1. Kucing Kecil (Kitten)

Pada umumnya, anak kucing mengkonsumsi susu dari induknya hingga usianya mencapai 8 bulan. Masa ini dinamakan dengan istilah ‘Diet Lacteal’. Bersamaan dengan hal itu, anak kucing dapat diperkenalkan makanan secara bertahap mulai umur 7 minggu.

Seperti anak pada umumnya, anak kucing membutuhkan nutrisi yang lengkap untuk mendukung tumbuh kembangnya. Usahakan makanan kucing mengandung beberapa komponen nutrisi penting seperti protein, lemak, karbohidrat, mineral, dan vitamin.

Kebutuhan vitamin kucing, seperti vitamin A, D, E, K, dan B harus diberikan agar metabolisme berlangsung lancar. Namun, pemberian vitamin tidak boleh berlebihan karena dapat menimbulkan berbagai penyakit, seperti rematik pada kaki maupun tulang belakang.

Anak kucing (Kitten) juga membutuhkan makanan yang halus, karena sistem pencernaannya masih labil. Oleh karena itu, pemberian makanan kering pada kitten sebaiknya dihindari. Karena terlalu keras dan kering.

2. Kucing Dewasa

Kucing dewasa membutuhkan makanan yang lebih banyak daripada kucing kecil. Pemberian makanan pada kucing dewasa sudah dapat dilakukan tiga kali dalam satu hari.

Kamu bisa menemukan makanan untuk kucing dewasa di petshop terdekat. Jika kamu bertanya mengenai makanan kucing dewasa, biasanya kamu akan diberi beberapa rekomendasi makanan kucing.

3. Kucing Tua

Kucing tua sudah tidak muda lagi. Mereka umumnya membutuhkan energi yang lebih sedikit dibandingkan kucing dewasa atau kucing muda.

Selain itu, pencernaan kucing tua juga harus diperhatikan, terutama mengenai penyakit akibat pemberian pakan seperti FLUTD(Feline Lower Urinary Tract Desease) pada kucing.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu pandai mengkombinasikan pemberian makanan basah dan makanan kering untuk kucing tua kesayangan kamu.

Baca juga : ” FLUTD (Feline Lower Urinary Tract Desease) pada Kucing “

4. Kucing Bunting

Kebutuhan makanan dan nutrisi untuk kucing yang sedang bunting perlu diperhatikan. Kucing bunting umumnya membutuhkan makanan dengan protein tinggi dan vitamin yang cukup. Selain itu, pemberian makanan juga bisa disesuaikan dengan kemauan si kucing, sedikit namun lebih sering.  

B. Jenis Makanan Kucing

Setelah kamu mengetahui berbagai kebutuhan nutrisi kucing sesuai umurnya, kamu juga harus tahu bahwa terdapat tiga jenis makanan kucing. Yaitu makanan basah, makanan setengah basah, dan makanan kering. Berikut penjelasannya :

1. Makanan Basah

Biasanya makanan basah kucing dikemas dalam bentuk kalengan. Jika sudah dibuka, maka harus segara dihabiskan.

Karena jika dibiarkan terbuka pada suhu ruang, makanan basah tidak segar lagi. Bahkan berjamur atau terkontaminasi bakteri.

2. Makanan Setengah Basah

Makanan setengah basah dibutuhkan oleh kucing dalam keadaan tertentu saja. Misalkan kucing yang sakit.

3. Makanan Kering

Makanan kucing kering adalah makanan kucing yang paling banyak dipasarkan di petshop terdekat. Selain harganya yang murah, makanan kucing kering juga memiliki daya tahan yang cukup lama.

Untuk mengetahui mengenai kelebihan makanan kering dan makanan basah, baca artikel berikut ini :

Baca juga : ” Makanan Kucing Basah VS Makanan Kucing Kering Bagus Mana ? “

C. Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik

Rekomendasi makanan kucing di bawah ini tidak kami urutkan berdasarkan rangking, mana yang lebih bagus di antara yang lain. Namun, kami jelaskan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh masing-masing produk berdasarkan opini kami.

Sehingga kamu bisa mempertimbangkan, mana makanan kucing yang pas untuk kucing kamu dan untuk kamu sebagai owner si kucing lucu.

1. Whiskas

Rekomendasi makanan kucing yang pertama adalah Whiskas. Whiskas adalah salah satu dari sekian banyak produsen makanan kucing yang memiliki kualitas tinggi.

Sebagai produsen makanan kucing, whiskas menyediakan makanan kucing basah dan makanan kucing kering.

Banyak masyarakat yang menggunakan produk whiskas sebagai makanan kucing mereka sehari-hari. Selain karena kualitasnya yang baik, whiskas juga mudah dijumpai di petshop terdekat.

PRODUKHARGA
Whiskas Adult Mackerel 480 gramRp. 48.500
Whiskas Grilled Saba 12 kgRp. 60.000
Whiskas Adult Ocean FishRp. 31.000
Whiskas Ocean Fish Flavour JuniorRp. 49.000
Whiskas Freshpack Junior 450 gramRp. 32.000

2. Me-O

Me-O merupakan jenis makanan kucing yang bersahabat. Bersahabat di kantong juga bersahabat bagi kucing kesayangan kamu.

Dengan harga yang relatif murah, kamu bisa memberikan makanan kucing dengan kandungan gizi yang cukup.

Sesekali, saya juga memberikan kucing saya makanan Me-O Snack Creamy, karena mereka sangat menyukainya. Nama kucing saya adalah Nana dan Sutres. Sebenarnya itu kucing kami berempat, karena kami tinggal satu kontrakan sesama mahasiswa FKH.

PRODUKHARGA
Me-O Tuna Cat Food 1.3 KgRp. 59.000
Me-O Kitten Ocean Fish 1.1 KgRp. 54.400
Me-O Adult Persian 11 KgRp. 78.500
Me-O Wet FoodRp. 26.000
Me-O Creamy Treats 60 gramRp. 27.000

3. Pro Plan

Pro Plan merupakan makanan kucing premium. Pro Plan selalu menawarkan makanan kucing dengan kandungan gizi dan kualitas yang tinggi (high quality). Beberapa pecinta kucing juga menyarankan Pro Plan untuk membuat kucing kamu menjadi gemuuuk.

Kualitas yang ditawarkan makanan kucing Pro Plan tentu sebanding dengan uang yang kamu keluarkan. Kalau kamu membeli makan kucing jenis ini, coba sempatkan untuk melihat komposisinya.

PRODUKHARGA
Pro Plan Chicken Kitten 1 KgRp. 89.000
Pro Plan Kitten 25 KgRp. 230.000
Pro Plan Adult 1 KgRp. 98.500
Pro Plan Indoor 1.3 KgRp. 130.000
Pro Plan Salmon Optirenal 1 KgRp. 72.000

4. Royal Canin

Seperti makanan kucing Pro Plan, makan kucing Royal Canin juga menawarkan nutrisi yang sangat baik untuk kucing kamu.

Bagaimana tidak, Royal Canin pada mulanya dibangun mandiri oleh seorang dokter hewan adal Perancis bernama Jean Cathary. Dengan begeitu, formulasi gizinya sudah tidak diragukan lagi.

Kamu bisa menemukan makanan kucing Royal Canin dengan mudah di Petshop terdekat, di kota kamu.

PRODUKHARGA
Royal Canin Maltese Adult 15 KgRp. 160.000
Royal Canin Bengal 2 KgRp. 265.000
Royal Canin Kitten Persian 2 KgRp. 260.000
Royal Canin Digestive CareRp. 244.000
Royal Canin Hair & Skin Care 1 KgRp. 165.000

5. Equilibrio

Makanan kucing Equilibrio merupakan makanan kucing yang diformulasikan untuk menjaga bulu kucing kamu tetap lembut.

Kandungan nutrisinya juga lengkap, cocok untuk kitten, kucing dewasa, maupun kucing yang sudah tua.

PRODUKHARGA
Equilibrio Cat Food Persian 1 KgRp. 80.000
Equilibrio All Breed 1.5 KgRp. 144.000
Equilibrio Salmon Flavour 1.5 KgRp. 140.000
Equilibrio Cat Food Adult 1.5 KgRp. 135.000
Equilibrio Kitten 7.5 KgRp. 525.000

6. Felibite

Selain beberapa rekomendasi makanan kucing di atas, Felibite hadir dengan harga yang bersahabat. Nutrisi yang terkandung di dalamnya juga tergolong cukup.

Kamu bisa mendapatkan makanan kucing Felibite dengan mudah di Petshop terdekat. Saya sendiri memberikan makanan kucing Felibite pada kedua kucing kesayangan saya.

PRODUKHARGA
Felibite Mother & Kitten 500 gramRp. 12.000
Felibite Cat Food 1.5 KgRp. 45.000
Felibite Tuna 20 KgRp. 550.000
Felibite Repack 1 KgRp. 24.000

7. Maxi

Selain Felibite, Maxi juga termasuk ke dalam makanan kucing yang ramah dengan dompet mahasiswa.

Meskipun begitu, kandungan nutrisi makanan kucing Maxi juga tergolong cukup. Karena mengandung ikan tuna dalam persentase komposisinya.

PRODUKHARGA
Maxi Cat Food Tuna 500 gramRp. 13.500
Maxi Chicken & Tuna 1 Kg RepackRp. 25.000

8. Friskies

Friskies merupakan produk makanan kucing yang menyediakan makanan basah dan makanan kering kucing.

Nutrisi yang terkandung di dalamnya juga cukup untuk tumbuh kembang kucing kesayangan kamu. Beberapa pecinta kucing menyebutkan bahwa makan kucing Friskies yang diberikan secara berlebihan membuat kucing menjadi diare.

Namun, semua itu kembali lagi kepada kucing masing-masing. Karena, berbeda kucing berbeda juga asupan nutrisi yang diperlukan, juga daya pencernaannya.

PRODUKHARGA
Friskies Indoor Delights 1.1 KgRp. 64.000
Friskies Surfin Turfin 1.2 KgRp. 64.500
Friskies Kitten Discoveries 1.1 KgRp. 66.000
Friskies Meaty Grull 1.2 KgRp. 63.000
Friskies Seafood Sensations 450 gramRp. 29.000

9. Blackwood

Makanan kucing jenis Blackwood menyediakan makanan kucing sesuai umur, kitten maupun adult semuanya tersedia.

Meskipun tidak begitu familiar dengan masyarakat umum, makanan kucing Blackwood memiliki komposisi nutrisi yang seimbang untuk si kecil maupun si dewasa.

PRODUKHARGA
Blackwood Grain Free Cat Chicken 1.8 KgRp. 204.000
Blackwood Grain Free Duck Meal 1.8 KgRp. 200.000
Blackwood Indoor Adult Cat 1.8 KgRp. 165.000
Blackwood Duck and Salmon Grain Free 400 gramRp. 60.000

10. Omegga

Makanan kucing Omegga merupakan makanan kucing yang memiliki dua varian rasa, yaitu seafood dan tuna.

Soal harga, makanan kucing Omegga masuk akal untuk ukuran pecinta kucing yang masih mahasiswa seperti saya. Hehee :v

PRODUKHARGA
Omegga Tuna Repack 1 KgRp. 25.500
Omegga Seafood Repack 1 KgRp. 28.000

11. Bolt

Sama seperti Equilibrio, makanan kucing jenis Bolt juga kami rekomendasikan karena memiliki tekstur yang cenderung lebih empuk dibandingkan dry food lain.

Untuk varian rasa, sampai saat ini Bolt hanya memiliki satu varian rasa, yaitu Bolt Tuna. Dengan bentuk kibble yang menyerupai ikan.

Makanan kucing ini diproduksi oleh PT. Proteina Prima, di mana merupakan perusahaan produksi yang juga memproduksi makanan kucing dengan merek Me-O. Tentu saja hal tersebut membuat kualitas makanan kucing Bolt juga terjamin.

PRODUKHARGA
Bolt Tuna 1 KgRp. 32.000
Boolt Tuna 500 gram RepackRp. 16.500

12. Profelin

Terdapat dua varian rasa yang dimiliki oleh makanan kucing jenis Profelin ini, yaitu salmon dan tuna.  Juga menyediakan dua jenis makanan, yaitu makanan kering dan makanan basah.

Makanan kucing Profeline merupakan makanan kucing yang tergolong murah seperti merek kucing lain. Di sisi lain, makanan kucing profeline memiliki kandungan gizi yang lumayan.

PRODUKHARGA
Profelin Tuna Wet Food 400 gramRp. 14.000
Profelin Tuna Cat Food 500 gram RepackRp. 15.000
Profelin Salmon 1 KgRp. 25.000

13. Ori Cat

Ori Cat juga merupakan salah satu produk makanan kucing yang menawarkan harga murah untuk kamu cat lover.

Saat ini Ori Cat hanya memiliki satu jenis varian makanan kucing kering, yaitu Ori Cat. Jika dibandingkan dengan makanan kucing pada umumnya, Ori Cat juga memiliki tekstur yang sedang dengan kibble berbentuk bulat.

PRODUKHARGA
Ori Cat 1 Kg RepackRp. 20.000

14. Excel

Makanan kucing Excel memiliki satu varian rasa yaitu Tuna, dengan kemasan hijau atau ungu. Kamu dapat membeli makanan kucing Excel dengan harga terjangkau secara online, atau di Petshop terdekat.

PRODUKHARGA
Excel Freshpack 500 gramRp. 12.000

15. Nice

Nice merupakan makanan kucing yang relatif murah untuk kesayangan kucing kamu. Selain itu, gizinya juga cukup untuk tumbuh kembang yang sehat.

Terdapat dua varian rasa makanan kucing Nice yang beredar, yaitu seafood dan tuna. Kamu bisa membelinya dengan mudah di Petshop terdekat atau di toko online.

PRODUKHARGA
Nice Cat Food 1 KgRp. 17.000
Nice 500 gramRp. 10.000

C. Kesimpulan

Memilih makanan kucing yang baik tentu adalah sebuah kewajiban bagi kita. Baik di sini dalam artian aman untuk pengeluaran kamu dan aman untuk si kucing kesayangan kamu.

Sebagai pecinta kucing, tentu kita harus selalu memperhatikan makanan yang dimakan kucing kita. Jangan sampai kucing kita memakan kecoa atau cicak karena terlalu lapar.

Terima kasih telah membaca artikel 15 rekomendasi makanan kucing terbaik untuk kamu. Artikel ini bersifat opini. Di luar sana, masih banyak daftar makanan kucing yang belum kami bahas. Semoga kucing imut kamu tetap sehat yaa cat lover