7 Jenis Bebek Hias yang Indah dan Menawan

7 Jenis Bebek Hias yang Indah dan Menawan

jenis bebek hias yang indah

Jika sebelumnya kita berbicara soal bebek pedaging dan bebek petelur. Kali ini kita akan membahas seputar jenis bebek hias yang dapat kamu jadikan sebagai hobi. Siapa sangka, bebek yang dikenal suka tempat berlumpur dan kotor ternyata bisa juga dijadikan sebagai hewan hias kesayangan.

Ada banyak jenis bebek hias yang dapat kamu jadikan sebagai hewan peliharaan. Seperti bebek East Indian, bebek Grey Call, bebek Mandarin, bebek Crested, bebek Wood, bebek Aylesbury, dan bebek asli dari Indonesia yaitu bebek Bali.

DOWNLOAD PDF – 7 Jenis Bebek Hias yang Indah dan Menawan

Tentunya sebagai hewan hias, bebek hias harus memiliki nilai estetika atau keunikan tersendiri. Berikut adalah beberapa penjelasan dari masing-masing bebek hias :  

1. Bebek East Indian

jenis bebek hias bebek east indian
Photo by flickr

Bebek East Indian merupakan jenis bebek hias yang memiliki warna hitam dan hijau mengkilap pada seluruh tubuhnya. Dengan bulu leher putih melingkar menyerupai kalung. Hal tersebut tentu menjadikan bebek yang satu ini menarik untuk dilihat.    

2. Bebek Grey Call

Berbeda dengan bebek East India, bebek grey call hanya memiliki warna hijau mengkilat di bagian kepalanya. Sedangkan tubuhnya berwarna putih dengan sayap berwarna cokelat. Jika kamu sering melihat cartoon, tentu kamu pernah melihat bebek grey call di dalamnya.    

3. Bebek Mandarin

bebek mandarin jenis bebek hias

Bebek Mandarin merupakan jenis bebek hias yang suka hidup di daerah sungai, rawa, dan hutan dengan kolam air di dalamnya. Bebek Mandarin memiliki bulu yang sangat indah, sehingga tak jarang kita bisa menjumpai patung bebek Mandari yang dijual di toko perhiasan.

Bebek Mandarin berasal dari China. Memiliki ciri paruh berwarna merah, dan bagian dadanya berwarna ungu. Apabila terkena cahaya matahari, maka bulunya terlihat mengkilap. Bebek ini memiliki bobot yang ringan, yaitu sekitar 600 gram, dengan panjang sekitar 41-49 cm saja.  

Baca juga : ” 10 Jenis Bebek Pedaging Unggul “

4. Bebek Bali

jenis bebek hias bebek bali

Bebek bali merupakan jenis bebek hias ornamental asli Indonesia. Dengan warna bulunya yang putih bersih, paruh yang berawarna orange, dan jambul mahkota di atasnya membuat bebek bali menjadi bebek hias yang indah dan menawan.

5. Bebek Crested

jenis bebek hias bebek crested mallard

Sama dengan bebek Bali, bebek Crested juga memiliki jambul mahkota di atas kepalanya. Hanya saja, bulu pada tubuhnya memiliki berbagai variasi warna. Seperti cokelat, hitam, dan putih.    

6. Bebek Wood

jenis bebek hias bebek wood
Photo by G. Scott Segler

Bebek Wood atau Bebek hias Carolin merupakan bebek hias yang berasal dari Amerika Selatan, dengan habitat di daerah danau, sungai, dan rawa-rawa. Bebek Wood digemari oleh pecinta bebek karena memiliki bulu yang indah.

Memiliki ciri bulu leher atas berwarna putih, bulu leher bawah dan dada berwarna cokelat, serta mata merah dengan titik hitam di bagian tengahnya. Bebek Wood atau bebek kayu memiliki bobot yang ringan, yaitu sekitar 680 gram untuk pejantan, dan 640 gram untuk betina.    

Baca juga : ” Cara Merawat DOD Bebek Hingga Besar “

7. Bebek Aylesbury

jenis bebek hias bebek aylesbury
Photo by Jean Beaufort

Selain dijadikan sebagai bebek pedaging, bebek Aylesbury juga bisa dijadikan sebagai bebek hias. Bulunya yang putih bersih dengan kakinya yang berwarna orange menjadikan bebek tersebut memeiliki nilai estetika yang bagus. Kamu bisa melihatnya pada gambar paling atas.

Kebanyakan bebek aylesbury sudah disilangkan dengan bebek pedaging lain seperti bebek peking. Hal tersebut ditujukan untuk meningkatkan performa bebek dan hasil produksi yang diperoleh. Oleh karena itu, sulit untuk menemukan bebek aylesbury dengan ras murni.

Baca juga : ” 5 Jenis Bebek Petelur Unggul “

Terima kasih telah membaca artikel mengenai jenis bebek hias yang bisa dijadikan sebagai hobi selain hobi memasa, bermain musik, dan bercerita. Selain dijadikan hobi, jika kamu telah mahir merawat dan bisa membudidayakannya, tentu saja itu akan menjadi peluang usaha yang sangat menguntungkan.

Bayangkan saja, harga satu pasang bebek mandarin yang bagus sekitar Rp. 8.000.000. Sedangkan untuk anakannya tentu saja lebih murah. Namun, kamu harus mengetahui berbagai channel penjual bebek hias. Jika kamu tidak tahu dan mencoba membelinya di toko online, yang ada malah patungnya saja.

Bebek hias jika dipelihara dengan baik tentu saja berguna bagi kesehatan kamu. Karena hobi dapat menurunkan tingkat stress setelah seharian bekerja. Apalagi kalau kamu seorang peternak bebek, tentu memiliki bebek hias dapat menjadi kebanggaan tersendiri.