Seputar Five Freedoms of Animal Welfare

Seputar Five Freedoms of Animal Welfare

five freedoms of animal welfare kesejahteraan hewan

Kita dapat mengetahui sebuah negara maju atau berkembang, dengan melihat tingkat kesejahteraan hewan. Karena, negara dengan tingkat kesejahteraan hewan atau animal welfare yang tinggi juga menjadi patokan kesejahteraan manusia yang tinggi pula. Di situlah pentingnya kita mempelajari five freedoms of animal welfare.

Animal welfare, atau yang kita kenal dengan kesejahteraan hewan merupakan sebuah tolak ukur yang harus selalu ditingkatkan. Hewan tidak dapat berbicara dengan bahasa manusia, bahwa mereka kelaparan, kehausan, atau mengalami penindasan.

DOWNLOAD PDF – Five Freedoms of Animal Welfare

Namun, dari situlah kita harus bertindak dengan tegas. Bahwa mereka benar-benar membutuhkan sebuah keadilan. Kita harus bersyukur tinggal di Indonesia, karena negara kita telah menerapkan animal welfare.

Seperti yang tertera pada UU No.18 tahun 2009. Dalam undang-undang tersebut, dijelaskan bahwa kesejahteraan hewan merupakan segala sesautu yang menyangkut fisik dan mental hewan dalam kontek alaminya yang perlu ditegakkan. Hal itu ditujukan untuk melindungi hewan dari perlakuan manusia yang tidak layak terhadapnya.

Manusia membutuhkan hewan untuk memenuhi kebutuhan sandang, pangan, maupun papan. Namun, kebutuhan tersebut harus diimbangi dengan kesadaran bahwa hewan juga memerlukan keadilannya. Seperti mendapatkan makanan, tempat tinggal yang baik, juga perlakuan yang baik pula.

Pada tahun 1992, Inggris memaparkan sebuah aspek kesejahteraan hewan yang dikenal sebagai “Five Freedoms”. Five Freedoms telah mewakili kesejahteraan hewan yang harus diterapkan dan diteggakkan, dan merupakan tolak ukur apakah animal welfare sudah dilakukan atau belum.

Berikut adalah five freedoms dalam animal welfare yang harus kita ketahui dan terapkan :

1. Freedom From Hunger and Thrist

Animal welfare yang pertama adalah freedom from hunger and thrist. Berbagai hewan, seperti hewan kesayangan, hewan ternak, maupun hewan liar harus mendapatkan makanan dan minuman yang cukup. Sehingga terbebas dari rasa lapar dan haus.

Pemberian pakannya juga tidak boleh sembarangan, harus memiliki kandungan gizi yang cukup untuk membantu mencukupi kebutuhan utama tubuh hewan.  

2. Freedom From Thermal and Physical Discomfort

Hewan harus bebas dari panas berlebihan dan ketidaknyamanan psikis. Dalam hal ini, harus disediakan tempat yang nyaman bagi hewan. Seperti tempat untuk beraktivitas, dan tempat untuk beristirahat.

Seekor kucing yang diletakkan di dalam kandang terus menerus tentu akan merasa tidak nyaman. Atau seekor anjing yang diikat menggunakan rantai besi yang berkarat. Hal itu tidak boleh dilakukan.

Berbeda dengan penggunaan kandang isolasi. Di mana hewan harus tetap berada di dalam kandang hingga kondisinya membaik dan sembuh. Baru bisa dikeluarkan dari kandang. Biasanya, kandang isolasi digunakan oleh peternak hewan besar seperti domba, kambing, dan sapi.

Baca juga : ” 7 Jenis Bebek Hias yang Indah dan Menawan “

3. Freedom From Injury, Disease, and Pain

Animal welfare yang tak kalah penting adalah freedom from injury, disease, and Pain. Dalam hal ini, sebagai manusia kita harus melindungi hewan dari luka, penyakit, dan rasa sakit. Pencegahan dan pengobatan mutlak untuk dilakukan untuk menghindari rasa sakit yang berkelanjutan.  

4. Freedom to Express Most Normal Pattern of Behavior

Kebebasan berekspresi juga tak kalah penting dalam prinsip animal welfare. Hewan harus memiliki kebebasan untuk mengekspresikan tingkah laku alaminya. Seperti bersosialisasi dengan sesama hewan, atau melakukan perkawinan dengan pasangannya.

Sehingga diperlukan tempat yang nyaman. Seperti memelihara ikan di air yang bersih, atau menggunakan karet pada lantai kandang ternak besar agar kakinya tidak terluka.  

5. Freedom from Fear and Distress

Kebebasan dari rasa takut dan penderitaan sangat penting bagi hewan. Karena hal ini berkaitan dengan tingkat stress hewan. Apabila tingkat stress tinggi, hewan akan mudah terserang penyakit.

Untuk memastikannya, hewan harus terbebas dari tindakan tidak nyaman. Seperti gangguan dari predator atau dari pemilik hewan itu sendiri.

Five Freedoms merupakan sebuah runtutan, di mana semua poin di dalamnya memiliki hubungan dan keterkaitan. Apabila salah satu poin tidak terpenuhi, maka akan berdampak pada poin lainnya.

Kesejahteraan hewan di Indonesia masih terus ditingkatkan. Berbagai penyuluhan kepedulian hewan telah banyak dicanangkan. Seperti pemberian vaksin gratis secara massal. Dan berbagai kegiatan lainnya.

Baca juga : ” Handling dan Restrain pada Hewan “

Meskipun termasuk ke dalam negara berkembang, animal welfare harus tetap dilakukan dengan sebaik mungkin. Karena hewan juga memiliki naluri alami untuk memberikan kasih sayang kepada manusia.

Apabila manusia menyayangi hewan yang ia pelihara, tentu saja akan ada manfaat luar biasa yang tidak bisa didapatkan dari manusia lain.

Terima kasih telah membaca artikel kami mengenai animal welfare, beserta five freedoms. Kamu bisa memberikan kritik dan saran melalui komentar menggunakan bahasa yang sopan dan lugas.

Salam sahabat hewan, sayangi selalu hewan yang kamu miliki. Karena semua akan tercatat sebagai amal perbuatan.