Cara Mengobati Sapi Kembung

Cara Mengobati Sapi Kembung

cara mengobati sapi kembung

Sebelum mengetahui cara mengobati sapi kembung, sebaiknya kita mempelajari kenapa kembung bisa terjadi. Kembung pada sapi merupakan gangguan fisiologis akibat kelebihan gas di dalam lambung sapi, terutama pada bagian rumen. Umumnya, kembung disebut juga dengan istilah “Bloat”.

Kelebihan gas dalam rumen disebabkan oleh beberapa hal. Seperti saluran pencernaan yang tidak lancar, bisa juga diakibatkan karena pemberian rumput segar yang masih basah. Juga sapi yang sedang tidak sehat.

DOWNLOAD PDF – Cara Mengobati Sapi Kembung

Apabila kembung tidak segera diatasi, maka akan berpengaruh pada nafsu makan si sapi. Bahkan jika dibiarkan, kembung dapat menyebabkan kematian dalam kurun waktu 2 hingga 4 jam.

Penting bagi kita untuk mengetahui informasi mengenai kembung pada sapi. Mulai dari penyebab, gejala, cara mengobatinya, dan cara mencegah sapi kamu mengalami kembung.

A. Penyebab Sapi Kembung

Kembung pada sapi dapat disebabkan oleh banyak hal. Namun, kebanyakan disebabkan oleh pemberian pakan yang salah. Selain itu, kembung pada sapi juga bisa disebabkan oleh aktivitas fermentasi yang berlebihan oleh mikroba rumen.

Coba kamu perhatikan beberapa kesalahan manajemen pakan yang dapat mengakibatkan sapi kembung berikut ini :

  1. Pemberian pakan yang masih terlalu basah
  2. Leguminosa yang berlebihan
  3. Pemberian konsentrat yang berlebihan tanpa diimbangi hijauan
  4. Gangguan penyakit
  5. Sapi tidak bisa flatus (kentut) karena saluran pencernaan yang tidak lancar

Pemberian hijauan yang basah dapat menyebabkan sapi kembung. Karena kandungan airnya masih tinggi. Untuk mengindari kembung, sebaiknya pemotongan hijauan dilakukan setelah matahari nampak. Sehingga embunnya akan terangkat.

Sebelum diberikan kepada sapi, ada baiknya untuk diangin-anginkan terlebih dahulu.   Pemberian leguminosa yang berlebihan juga dapat menjadi penyebab kembung pada sapi. Karena mengandung protein kasar yang tinggi.

Hal tersebut dapat meningkatkan populasi mikroba di dalam rumen. Begitu juga dengan konsentrat.   Akibat pemberian pakan yang salah, pencernaan sapi bisa terganggu. Seperti sapi yang tidak bisa kentut hingga terjadi penumpukan gas di dalam rumen.

Baca juga : ” Pengertian, Kandungan, dan Manfaat Kolostrum bagi Anak Sapi “

B. Gejala Sapi Kembung

Kembung pada sapi dapat dideteksi dengan melihat gejala yang timbul. Seperti melihat ukuran tubuh, hingga nafsu makannya. Sapi yang mengalami kembung perut sebelah kirinya akan tampak lebih besar daripada perut sebelah kanan. Karena secara anatomis, rumen terletak di perut sebelah kanan.

Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini, perut bagian kiri tampak lebih besar daripada perut bagian kanan :

cara mengobati sapi kembung tradisional

Selain melihat perut sebelah kiri yang membesar, gejala kembung juga dapat dilihat dari perilaku makan dan fisiologis sapi. Mulai dari nafsu makan yang menurun drastis, mulut yang menganga, menendang perutnya sendiri dengan kaki, hingga mata yang terlihat melotot. Jika kembung sudah parah, sapi bisa ambruk dan tidak kuat berdiri.

Baca juga : ” Penyakit BEF (Demam Tiga Hari) pada Sapi “

C. Cara Mengobati Sapi Kembung

Terdapat dua alternatif yang bisa kamu gunakan sebagai cara mengobati sapi kembung. Yaitu dengan pengobatan secara alami dan pengobatan secara medis menggunakan obat kimia.

1. Pengobatan Alami

Cara mengobati sapi kembung yang pertama dalah dengan pengobatan alami. Pengobatan secara alami dilakukan dengan cara tradisional. Seperti pemberian minyak sayur atau minyak jarak dan pemberian cuka hangat. Cara tradisional yang sering dilakukan oleh peternak adalah dengan memberikan minyak sayur.

Karena bisa bertindak sebagai antifoaming (anti kembung). Kemudian sapi diajak jalan-jalan. Kembung juga dapat diatasi dengan memasukkan batang daun pepaya secara perlahan melalui anus sapi.

2. Pengobatan Medis

Saat ini, sudah banyak obat yang bisa kamu gunakan untuk mengobati sapi yang kembung. Bahkan bisa kamu dapatkan dengan mudah di toko online. Seperti pemberian Anti Bung, Tympanol-SB, dan Permenthyl yang mengandung dimethocone sebagai antifoaming.

Selain menggunakan obat, kembung pada sapi juga dapat diatasi dengan pengaplikasian tindakan mekanis. Seperti menggunakan stomach tube dan trokar.   Penggunaan stomach tube dilakukan dengan memasukkan selang berdiameter kecil melalui mulut sapi sampai ke rumen.

Sedangkan trokar digunakan untuk membuat lubang kecil pada lambung sapi, sehingga gas didalamnya akan dengan mudah keluar.

Baca juga : ” Cara Pemberian Pakan pada Sapi Agar Gemuk “

D. Kesimpulan

Kembung pada sapi merupakan gangguan fisiologis karena kondisi rumen yang mengandung gas berlebihan. Kembung bisa diakibatkan karen beberapa hal. Tetapi yang paling sering adalah kesalahan pemberian pakan. Sehingga pencegahannya tentu saja dengan menerapkan manajemen pakan yang baik.

Cara mengobati sapi kembung dapat dilakukan dengan cara tradisional ataupun menggunakan obat pabrikan. Kedua cara ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Terima kasih telah membaca artikel mengenai kembung sapi. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam mengobati sapi yang kembung.