Perhatian : Media kedokteran hewan VETMEDICINAE tidak akan menggantikan peran dokter hewan. Terutama dalam hal diagnosa penyakit dan pemberian obat hewan. Kami hanya memberikan informasi kesehatan hewan berdasarkan literatur yang ada.

"Manusya Mriga Satwa Sewaka"

Gigih Fikrillah S, S.K.H. | Hubungi Kami

Mengenal Karakteristik dan Kelebihan Sapi Brangus

Sapi Brangus merupakan sapi hasil persilangan antara betina sapi Brahman (Bos Indicus) dengan pejantan sapi Aberdeen Angus (Bos Taurus) yang dihasilkan melalui teknologi inseminasi buatan atau artificial insemination (AI) (Rochmadi, 2012).

Sapi Brangus berasal dari Oklahoma, Amerika Serikat. Sapi Brangus merupakan sapi hasil persilangan dengan kualitas yang sangat baik. Tentu saja dengan dibarengi manajemen pemeliharaan yang bagus. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas beberapa karakteristik dan kelebihan sapi Brangus.

A. Karakteristik Sapi Brangus

  • Berwarna hitam dengan tanduk yang kecil
  • Komposisi genetik sapi Brangus adalah 3/8 sapi Brahman dan 5/8 sapi Aberdeen Angus (Disnakan Sragen, 2009 dalam Wiendyana, 2020).
  • Memiliki leher dan telinga yang pendek, punggung yang lurus dan juga badan yang kompak serta padat
  • Bentuk kaki yang kuat dan kokoh
  • Memiliki punuk yang diwariskan dari sapi Brahman
keunggulan sapi brangus

B. Keunggulan Sapi Brangus

Sapi Brangus memiliki berbagai kelebihan, yang merupakan kombinasi dari hasil persilangan antara sapi Brahman dan sapi Aberdeen Angus. Di antaranya adalah memiliki pertumbuhan yang cepat, nafsu makan yang tinggi, dapat digunakan sebagai sapi dual purpose yaitu sebagai sapi potong atau sapi perah, mudah beradaptasi dengan lingkungan, dan tahan terhadap serangga. Mari kita bahas satu persatu.

1. Pertumbuhan yang Cepat

Sapi Brangus merupakan sapi dual purpose, artinya dapat diternakkan sebagai sapi perah maupun sapi potong. Sapi Brangus baik jantan maupun betina memiliki tingkat produktivitas yang tinggi. Jika digunakan sebagai sapi potong, maka sapi Brangus sangat cocok karena dapat menghasilkan karkas dan daging yang berkualitas tinggi.

Bayangkan saja, bobot sapi brangus dewasa dapat mencapai lebih dari 900 kg dengan tinggi 159 cm. Merupakan sapi yang bagus untuk dipanen dagingnya.

2. Nafsu Makan yang Tinggi

Salah satu kunci sukses dalam beternak sapi potong ataupun sapi perah adalah dengan menjaga nafsu makan sapi. Nah, sapi Brangus merupakan sapi dengan nafsu makan yang tinggi. Kita dapat memberikan kombinasi hijauan pakan ternak dengan konsentrat, dan juga premix untuk memenuhi kebutuhan gizinya.

Baca juga artikel mengenai : “10 Manfaat Premix bagi Ternak”

3. Mudah Beradaptasi dengan Lingkungan

Sapi Brangus dapat beradaptasi dengan iklim tropis seperti Indonesia. Karena hasil persilangannya memang ditujukan untuk itu. Karena mewarisi sifat sapi Brahman yang tahan udara dan tahan terhadap panas. Oleh karena itu, dapat dirasakan begitu hebatnya kombinasi genetika dengan melakukan inseminasi buatan untuk mendapatkan mutu genetik dan sifat anakan yang dihasilkan.

4. Tahan terhadap Serangga

Dalam peternakan sapi, menjaga sanitasi kandang adalah sebuah hal yang penting. Hal ini ditujukan agar serangga yang merupakan parasit dapat diminimalisir. Sapi Brangus merupakan sapi yang tahan terhadap serangga. Meskipun begitu, akan lebih baik bila serangga seperti lalat dapat dihindari. Karena beberapa lalat berperan sebagai vektor atau pembawa parasit lain dan penyebab penyakit tertentu pada ternak sapi.

5. Memiliki Tanduk yang Kecil

Keberadaan tanduk yang kecil juga menjadi kelebihan sapi Brangus. Sebenarnya tanduk memiliki kegunaan tersendiri pada hewan, seperti mempertahankan diri dari predator dan mempertahankan wilayah sendiri. Selain itu dapat juga sebagai daya tarik pejantan di depan betinanya.

Dalam hal kontes, keberadaan tanduk juga merupakan hal yang penting karena masuk dalam penilaian. Namun, sebagai ternak yang diambil produksinya seperti daging dan susu. Tanduk yang terlalu panjang justru akan merepotkan. Karena seringkali dapat melukai peternak ataupun anakan sapi.

Selain itu, beberapa tanduk juga ada yang melengkung, beresiko untuk melukai bagian kepala dan menembus tulang sehingga perlu dilakukan dehorning.

Baca juga artikel mengenai : “Pemotongan Tanduk atau Dehorngin pada Sapi”

6. Dapat Hidup Meskipun dengan Pakan Kualitas Rendah

Jangankan pakan kualitas yang rendah, sapi Brangus juga dapat hidup dan masih menghasilkan daging bila kandangnya ekstensif atau diumbar di padang rumput yang tandus. Namun, agar produksi dagingnya maksimal tentu kita tidak boleh melakukan hal seperti itu. Selalu sediakan pakan yang bagus, karena pakan adalah faktor yang sangat penting dalam produktivitas ternak.

Demikian beberapa karakteristik dan keunggulan sapi Brangus. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam ikut serta memajukan peternakan Indonesia. Sebagai pemasok daging, tetap semangat dan salam sehat !

Daftar Pustaka :

  • Rochmadi, S. 2012. Analisis pemasaran sapi brangus di Kabupaten Sragen (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University).
  • Wiendyana, R. D. 2022. Analisis Penggemukan Sapi Potong Brangus di Sawah Ijo Suro Pawiro Farm Kabupaten Karanganyar.
Gigih Fikrillah S
Gigih Fikrillah S

Content writer yang tertarik dengan dunia digital. Suka hewan dan sayang kekasih.

Articles: 171

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *