Perhatian : Media kedokteran hewan VETMEDICINAE tidak akan menggantikan peran dokter hewan. Terutama dalam hal diagnosa penyakit dan pemberian obat hewan. Kami hanya memberikan informasi kesehatan hewan berdasarkan literatur yang ada.

"Manusya Mriga Satwa Sewaka"

Gigih Fikrillah S, S.K.H. | Hubungi Kami

10 Manfaat Premix bagi Ternak

Berbicara mengenai dunia peternakan, pakan merupakan faktor yang paling penting dan menarik untuk dibicarakan, terutama dalam hal manajemen pemberian pakan. Pakan berfungsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ternak.

Semakin bagus pakan, maka produksi ternak akan semakin meningkat. Untuk mendapatkan pakan yang bagus, perlu adanya formulasi ransum pakan. Prinsip formulasi ransum yang baik pada ternak adalah penambahan imbuhan pakan akan dipertimbangkan setelah zat-zat makanan utama yang dibutuhkan dalam jumlah banyak seperti: energi, protein, kalsium, dan phospor telah mencapai standar gizi yang baik.

Setelah itu, dilakukan pemeriksaan zat-zat pakan yang dibutuhkan dalam jumlah relatif sedikit (mikronutrien) apakah telah cukup, dalam kondisi kekurangan, ataupun tidak seimbang (Soetarno, 1999). Mikronutrien tersebut biasanya digabungkan dalam bentuk premix.

Salah satu cara untuk melengkapi kebutuhan nutrisi ternak adalah dengan menggunakan premix. Ada banyak sekali manfaat premix bagi ternak, tetapi sebelum itu mari kita bahas terlebih dahulu apa itu premix.

Pada dasarnya, premix merupakan bahan pakan tambahan yang digunakan sebagai sumber vitamin dan mineral. Premix merupakan kombinasi beberapa microingredient dengan bahan penyerta yang dikombinasikan untuk dicampurkan ke dalam pakan ternak (Indrawan et al, 2014).

A. Pengertian Premix

Menurut Peraturan Pemerintah RI No. 78 Tahun 1992 mengenai obat hewan, dijelaskan bahwa yang dimaksud dengan premix adalah bahan pelengkap maupun imbuhan pakan yang dicampurkan ke dalam pakan ternak.

Berdasarkan tata cara penambahan dan kegunaannya, premix terbagi menjadi dua golongan. Yaitu premix sebagai feed supplement dan premix sebagai feed additive.

✿ Premix sebagai Feed Supplement

Feed supplement merupakan bahan berupa zat nutrisi mikro, seperti vitamin, mineral, dan asam amino yang sudah diformulasikan sedemikian rupa untuk selanjutnya ditambahkan ke dalam pakan.

✿ Premix sebagai Feed Additive

Berbeda dengan Feed Supplement, premix yang digunakan sebagai feed additive langsung ditambahkan pada pakan dan bukan merupakan bahan nutrisi. Feed additive ditujukan untuk memenuhi kebutuhan khusus hewan ternak. Seperti untuk menambah nafsu makan, pencegahan penyakit, dan meningkatkan kualitas pakan.

Dalam dunia pakan, terdapat dua jenis imbuhan pakan ternak, yaitu feed additive dan feed supplement. Feed additive merupakan bahan pakan yang ditambahkan ke dalam pakan tetapi bukan bahan nutrisi, sehingga tidak dapat menggantikan zat gizi pakan. Contohnya adalah enzim, antibiotik, hormon, probiotik, koksidiostat, dan sebagainya. Sedangkan feed supplement merupakan bahan nutrisi, terutama mikro seperti vitamin, mineral, dan asam aminio. Fungsinya untuk melengkapi dan meningkatkan ketersediaan zat nutrisi mikro sehingga sesuai standar atau lebih tinggi dari standar gizi pakan (Seto, 2020).

Dalam hal ini, premix dapat berupa Feed additive atau Feed Supplement. Premix membuat keduanya mudah untuk dicampurkan ke dalam pakan.

Baca juga artikel mengenai : ” UMB dan UMMB sebagai Suplemen Ternak Ruminansia “

B. Manfaat Premix

Premix memiliki beragam manfaat bagi ternak, karena pada dasarnya premix melengkapi atau menambahkan zat nutrisi atau zat tambahan aktif yang dapat membantu meningkatkan kualitas ransum atau pakan. Berikut adalah manfaat premix untuk ternak :

  • Meningkatkan imunitas ternak
  • Dapat meningkatkan produksi ternak
  • Meningkatkan kecernaan dari ransum untuk ternak
  • Mencukupi kebutuhan nutrisi ternak
  • Kekebalan terhadap suatu penyakit (seperti parasit atau jamur)
  • Kontrol kembung
  • Kemudahan pembuatan campuran pakan untuk ternak
  • Promotor pertumbuhan
  • Menambah nafsu makan ternak
  • Untuk ayam layer, dapat meningkatkan kualitas telur yang dihasilkan
  • Untuk sapi perah, pemberian premix sebanyak 50 gram pada kelompok sapi perah yang produksinya tinggi dapat meningkatkan kapasitas produksi susunya tetapi tidak pada kualitas lemak, protein dan berat jenis (Akhidat et al, 2021).

C. Jenis Premix

Berdasarkan konsistensinya, premix terbagi menjadi dua yaitu premix cair dan premix powder atau serbuk. Premix cair dapat diaplikasikan dengan mudah, dapat disimpan lama, tetatpi harus disimpan pada tempat khusus. Sedangkan premix powder berbentuk serbuk sehingga bila disimpan dalam waktu lama dan menumpuk akan mengeras.

Terima kasih telah membaca artikel mengeni manfaat premix bagi ternak. Semoga artikel ini dapat membantu kamu. Bila ada saran atau pertanyaan silakan menulis di kolom komentar.

Baca juga artikel mengenai : ” Rumput Setaria : Hijauan Pakan Ternak Bernutrisi “

Daftar Pustaka :

  • Akhdiat, T., Widjaya, N., Permana, H., Christi, R. F., & Suherna, A. 2021. Penelitian : Pengaruh pemberian premix dalam ransum terhadap produksi dan kualitas susu sapi perah Friesian Holstein. ZOOTEC, 41(2), 355-363.
  • Indrawan, I. A., Suwondo, A., & Lestantyo, D. 2014. Faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian dermatitis kontak iritan pada pekerja bagian premix di PT. X Cirebon. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip), 2(2), 110-118.
  • Seto, Ridwan. 2020. Selektif dalam Memilih Feed Additive. Majalah Info Vet.
  • Soetarno T. 1999. Manajemen Ternak Perah. Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
Gigih Fikrillah S
Gigih Fikrillah S

Content writer yang tertarik dengan dunia digital. Suka hewan dan sayang kekasih.

Articles: 171

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *