Perhatian : Media kedokteran hewan VETMEDICINAE tidak akan menggantikan peran dokter hewan. Terutama dalam hal diagnosa penyakit dan pemberian obat hewan. Kami hanya memberikan informasi kesehatan hewan berdasarkan literatur yang ada.

"Manusya Mriga Satwa Sewaka"

Gigih Fikrillah S, S.K.H. | Hubungi Kami

10 Manfaat Kuda Untuk Manusia

Kuda merupakan hewan yang memiliki beragam manfaat untuk manusia. Sudah dari ribuan tahun yang lalu kuda dimanfaatkan. Salah satu manfaat kuda yang paling sering kita jumpai adalah sebagai alat transportasi.

Sebelum adanya kendaraan bermotor, kuda merupakan salah satu kendaraan favorit untuk menempuh perjalanan yang jauh dengan cepat. Karena kuda memiliki stamina yang tinggi. Selain untuk transportasi, kuda memiliki beragam manfaat yang lain. Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai 10 manfaat kuda untuk manusia.

1. Untuk Tunggangan

Kuda dapat dimanfaatkan sebagai alat transportasi, salah satunya yaitu sebagai tunggangan. Kuda dilatih agar mau menuruti perintah tuannya untuk menuju ke lokasi tertentu. Kuda yang dijadikan sebagai alat transportasi harus diberikan pakan yang bergizi agar staminanya tinggi.

Kuda memiliki kelebihan dibandingkan alat transportasi zaman sekarang, yaitu medan yang dilalui tidak terbatas selama masih ada pijakan. Jalan setapak bertanah pun kuda mampu untuk melaluinya.

2. Kendaraan Perang

Pada zaman dahulu, belum ada kendaraan perang lapis baja seperti sekarang. Kendaraan perang yang cepat dan handal adalah kuda. Dilatih sedemikian rupa sehingga dapat dikendalikan dan mampu menerobos pertahanan musuh. Kuda yang digunakan sebagai kendaraan perang memiliki tubuh yang kuat dan tangguh.

3. Untuk Olahraga

Manfaat kuda selanjutnya adalah digunakan dalam aaktivitas olahraga. Berkuda atau sering juga disebut Equestrian memiliki beragam manfaat, di antaranya adalah melatih kekuatan fisik seperti keseimbangan dan koordinasi tubuh. Selain itu olahraga horseback riding juga bisa berguna untuk terapi kesehatan mental. Hal ini terkait dengan kepercayaan diri.

Baca juga artikel mengenai : “Berbagai Penyakit pada Kuda”

4. Untuk Perlombaan

Manfaat hewan kuda manfaat kuda
White Thoroughbred

Perlombaan kuda yang paling bergengsi adalah pacuan kuda. Di mana kuda dipacu agar sampai pada garis finish. Kuda pacu memiliki kekuatan otot kaki yang luar biasa.

Salah satu kuda pacu yang terkenal adalah Thoroughbred yang memegang Guinness World Record untuk kuda dengan kecepatan tertinggi dengan kecepatan 70,76 kilometer per jam. Thoroughbred berasal dari Inggris dan merupakan hasil persilangan antara kuda Byerly Turki, Darley Arab, dan Godolphin Barb yang dikenal sebagai kuda-kuda yang dapat berlari dengan cepat.

Indonesia juga memiliki kuda pacu yang tak kalah cepat, khususnya di Kabupaten Sumbawa provinsi Nusa Tengga Barat. Kamu dapat menemukan beragam kuda yang luar biasa.

5. Penghasil Susu

Susu merupakan salah satu minuman yang dikonsumsi manusia karena memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Selain susu sapi, kambing, dan domba. Susu kuda juga memiliki nutrisi dan beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah contoh tabel kandungan nutrisi pada susu kuda Sumbawa (Prastyowati) :

Manfaat kuda bagi manusia

6. Penghasil Daging

Selain dimanfaatkan susunya, kuda juga dapat dimanfaatkan dagingnya sebagai daging konsumsi. Tentunya hanya jenis kuda tertentu yang dikonsumsi, mengingat harga kuda sendiri cukup mahal. Hihi jadi sayang jika dikonsumsi dagingnya.

Dilansir dari FOOD – DETIK.COM daging kuda mengandung potasium dan mineral yang mampu mencegah penyempitan otot. Selain itu, kandungan vitamin yang pada daging kuda dapat meningkatkan imunitas tubuh.

7. Penarik Delman

Manfaat kuda untuk manusia selanjutnya adalah sebagai penarik delman atau kereta kuda. Saat ini, delman masih dapat kamu jumpai di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kamu dapat menikmati perjalanan santai mengelilingi kota dengan menggunakan delman.

8. Peternakan Kuda

Untuk memenuhi kebutuhan kuda dari berbagai daerah, rasanya memiliki peternakan kuda adalah sebuah investasi yang sangat menjajikan. Terlebih lagi, kamu menerapkan beragam teknologi seperti breeding farm kuda yang menghasilkan anakan kuda dengan kualitas yang baik. Tentu hal ini menjadi keuntungan tersendiri.

9. Penghasil Pupuk Kandang

Hewan ternak yang memakan hijauan pakan tentu saja kotoran atau fesesnya memiliki nutrisi yang bagus untuk kesuburan tanah. Kotoran kuda dapat dimanfaatkan sebagai pupuk kandang, yang nantinya setelah diproses dapat digunakan untuk menyuburkan tanah pertanian. Mungkin digunakan untuk menyuburkan tanah tempat hijauan pakan kuda kamu tumbuh. Hehe…

10. Menjaga Ekosistem Lingkungan

Di alam liar, kuda bermanfaat untuk ikut serta dalam menjaga kelestarian ekosistem lingkungan. Kuda berperan sebagai herbivora dan bermanfaat untuk menjaga kesuburan tanah. Kuda juga merupakan salah satu kekayaan hewani yang harus dijaga.

Itulah beberapa manfaat kuda bagi manusia. Dari banyaknya manfaat yang telah kita ketahui, sudah selayaknya kita untuk bersyukur dengan cara selalu menjaga kesehatan kuda, menyayanginya, dan tidak menyiksanya. Sehingga sesuai dengan pedoman Animal Welfare.

Baca juga artikel mengenai : “Five Freedoms of Animal Welfare”

Daftar Pustaka :

  • Prastyowati, A. Susu Kuda Liar Sumbawa: Manfaat dan Potensinya sebagai Probiotik.
Gigih Fikrillah S
Gigih Fikrillah S

Content writer yang tertarik dengan dunia digital. Suka hewan dan sayang kekasih.

Articles: 171

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *