Perhatian : Media kedokteran hewan VETMEDICINAE tidak akan menggantikan peran dokter hewan. Terutama dalam hal diagnosa penyakit dan pemberian obat hewan. Kami hanya memberikan informasi kesehatan hewan berdasarkan literatur yang ada.

"Manusya Mriga Satwa Sewaka"

Gigih Fikrillah S, S.K.H. | Hubungi Kami

6 Jenis Ayam Brahma Terbesar di Indonesia

Ayam brahma merupakan jenis ayam hias yang memiliki postur tubuh besar, sehingga tak heran beberapa orang ingin memeliharanya dan menjadikannya sebagai ayam brahma terbesar. Terdapat berbagai jenis ayam brahma, yaitu Colombian Light, Light Brahma, Dark Brahma, Isabel, Salmon, dan Blue Brahma.

Ayam brahma merupakan jenis ayam hias yang memiliki postur tubuh besar, sehingga tak heran beberapa orang ingin memeliharanya dan menjadikannya sebagai ayam brahma terbesar. Selain ukurannya yang besar, ayam brahma juga memiliki bulu yang tumbuh dari kepala hingga ujung kaki. Oleh karena itu, kita dapat dengan mudah mengetahui ciri ayam brahma.

Di Indonesia ayam brahma terkenal sebagai ayam hias, tetapi siapa sangka bahwa ayam ini juga dapat dijadikan sebagai ayam pedaging. Karena bobotnya yang bisa melebihi ayam broiler maupun ayam kampung. Tetapi sayang juga kan ayam sebagus ini kalau dimakan daginya, mending beli daging ayam 1 Kg seharga 30.000 di pasar. Hehe

Baca juga artikel mengenai “Pengertian dan Perhitungan FCR Ayam Broiler”

Hari ini pada tanggal 6 Februari 2022 saya mencari harga ayam brahma terbaru, saya lihat di berbagai platform toko online ada yang menjual mulai dari 200.000 hingga jutaan rupiah. Angka yang fantastis. Nah mungkin kamu yang hobi ayam hias bisa mencoba untuk beternak ayam brahma dan menjadikan ayam kamu sebagai ayam brahma terbesar.

Dari mana ayam brahma berasal ? Saya sudah mencari berbagai sumber dan referensi, termasuk pada laman wikipedia yang menyebutkan bahwa asal ayam brahma masih belum jelas diketahui. Namun, sebelumnya telah berkembang di daerah Amerika Serikat yang diimpor dari pelabuhan Shanghai China sekitar tahun 1840.

Dari mana nama ayam brahma berasal ? Pada tahun 1852 di Boston, diumumkan bahwa terjadi kesepakatan untuk menamakan breed ayam ini dengan nama Brahmapootra yang kemudian dikenal dengan Brahma.

Sama halnya dengan ayam lainnya, terdapat berbagai jenis ayam brahma yang dapat kita pelihara. Di antaranya adalah Colombian Light, Light Brahma, Dark Brahma, Isabel, Salmon, dan Blue Brahma. Sebelum kita bahas lebih lanjut mengenai jenis ayam brahma, mari kita coba ulas sedikit mengenai ciri ayam brahma di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Ayam brahma dewasa memiliki bulu yang menutup hingga bagian kaki
  • Warna kulitnya agak kuning
  • Tinggi ayam brahma bisa mencapai 70 cm
  • Ayam brahma betina biasanya memiliki bobot 6-7 Kg
  • Terdapat berbagai varietas berdasarkan bulunya (dark, buff, light)
  • Memiliki jengger yang tegak dengan ukuran sedang
  • Sifat ayam brahma tidak agresif

Selanjutnya mari kita bahas satu persatu jenis ayam brahma, ayam supe jumbo yang indah dan menawan :

1. Ayam Brahma – Columbian Light

jenis ayam brahma columbian brahma

Columbian Light Brahma Chicken merupakan ayam brahma dengan varietas warna putih dengan bintik hitam. Keberadaan bintik hitam di atas putih menjadikan ayam ini terlihat gagah dan elegan. Saya sendiri suka dengan corak seperti ini.

2. Ayam Brahma – Light Brahma

lighr brahma jenis ayam brahma

Jenis ayam brahma yang satu ini hampir sama dengan Columbian Light Brahma. Perbedaannya terletak pada warna dasarnya atau putihnya lebih terang dan cerah. Cocok bagi kamu yang suka dengan warna bersih dan terang.

3. Ayam Brahma – Dark Brahma

ayam brahma raksasa dark brama

Biasa juga disebut dengan ayam brahma hitam, karena memiliki bulu yang gelap dengan perpaduan warna hitam, abu-abu, dan sedikit warna putih. Jenis ayam brahma ini cocok bagi kamu yang suka tampilan gagah dan berani.

4. Ayam Brahma – Isabel

jenis ayam brahma isabel

Ayam brahma Isabel merupakan jenis ayam brahma dengan warna dasar putih dan sedikit warna kekuningan di bagian leher. Terlihat keren dan anggun perpaduan warna tersebut, terlebih lagi ayam brahma memiliki bulu yang lebat.

5. Ayam Brahma – Salmon

jenis ayam brahma salmon
Source : Hobi Ternak

Ayam brahma salmon memiliki perpaudan warna bulu hitam, merah, dan putih. Warna bulu yang merah di beberapa bagian tubuh membuat brahma salmon memiliki ciri khas keindahan tersediri bagi penggemarnya. Selain itu, ayam brahma ini mudah dijumpai di Indonesia.

6. Ayam Brahma – Blue Brahma

jenis ayam brahma blue brahma raksasa

Blue brahma apakah warnanya biru mas ? Eits jangan keliru yaa sobat karena blue brahma memiliki warna bulu abu-abu. Dalam dunia ayam hias sendiri, warna blue sering dipakai untuk jenis ayam dengan warna bulu abu-abu. Jadi jangan sampai keliru yaa.. tapi kalau ada ayam brahma warna biru pasti sangatlah keren dan harganya akan sangat gelap sekali.

Baca juga artikel mengenai “IB Ayam – Manfaat dan Metode”

Masing-masing jenis ayam brahma memiliki keunggulan, tinggal sobat pilih saja sesuai selera. Dengan harga yang lumayan, tentu bisa menjadi peluang bagi kamu sebagai penghobi untuk memulai usaha ternak ayam brahma. Bagaimana cara untuk memulai usaha ternak ayam brahma ?

Tentu saja kamu harus memperhatikan ukuran kandang, jenis kandang, sumber bibit ayam brahma, pakan ayam brahma dari mulai anakan hingga dewasa, dan lingkungan yang sesuai dengan ayam brahma.

Terima kasih telah membaca artikel mengenai berbagai jenis ayam brahma terbesar di Indonesia. Semoga artikel ini bisa membantu kamu untuk mendalami hobi. Karena hobi tidak pernah salah asalkan itu menuju hal yang positif. Semua punya selera. Salam peternak sehat Indonesia !

Default image
Gigih Fikrillah S

Content writer yang tertarik dengan dunia digital. Suka hewan dan sayang kekasih.

Articles: 148

Leave a Reply