Perhatian : Media kedokteran hewan VETMEDICINAE tidak akan menggantikan peran dokter hewan. Terutama dalam hal diagnosa penyakit dan pemberian obat hewan. Kami hanya memberikan informasi kesehatan hewan berdasarkan literatur yang ada.

"Manusya Mriga Satwa Sewaka"

Gigih Fikrillah S, S.K.H. | Hubungi Kami

Artinya Kucing Proven

Apa artinya kucing proven ? Kata proven berasal dari istilah bahasa Inggris. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia memiliki arti terbukti. Apabila merujuk pada kucing jantan, kucing proven artinya adalah sudah terbukti bisa kawin dengan kucing betina. Apabila merujuk pada kucing betina, kucing proven artinya sudah terbukti bisa bunting dan melahirkan anak yang sehat.

Pada kesempatan kali ini mari kita membahas hal yang cukup ringan, yaitu artinya kucing proven. Sebelum membahas lebih detail mengenai arti kucing proven. Kucing sendiri merupakan mamalia. Itu berarti kucing berkembang biak dengan cara melahirkan. Hal ini ada kaitannya dengan arti proven itu sendiri.

Kucing merupakan hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan. Sudah bukan rahasia lagi bahwa kucing kerap dijodohkan atau dikawinkan dengan kucing lainnya untuk memperoleh keturunan. Bahkan saat ini sudah ada yang namanya spesialis breeder kucing.

A. Arti Kucing Proven

Biasanya jika kucing sedang dalam masa birahi, owner akan mencari kucing untuk dikawinkan dengan kucing miliknya. Baik itu milik sahabatnya atau saudaranya, maupun kucing milik seorang breeder. Nah, dalam proses adopsi kucing biasanya owner sebelumnya akan memberikan keterangan sudah steril atau kucing proven. Keduanya memiliki arti yang berlawanan. Apa artinya kucing proven ?

Kata proven berasal dari istilah bahasa Inggris. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia memiliki arti terbukti. Apabila merujuk pada kucing jantan, kucing proven artinya adalah sudah terbukti bisa kawin dengan kucing betina. Apabila merujuk pada kucing betina, kucing proven artinya sudah terbukti bisa bunting dan melahirkan anak yang sehat.

Apa artinya kucing proven
Gambar dari Google Terjemahan

Itulah artinya kucing proven jantan dan artinya kucing proven betina. Ternyata walaupun katanya sama, namun memiliki arti yang berbeda pada kucing jantan dan kucing betina ya sobat Vet.

B. Arti Kucing Steril

Kucing yang sudah steril bukan lagi kucing proven. Karena kucing yang steril sudah tidak bisa kawin, bunting, dan melahirkan anak kucing. Beberapa orang memilih melakukan steril untuk menghindari kucingnya kawin dengan kucing liar. Perkawinan dengan kucing liar sangat berbahaya, karena biasanya kucing liar akan kawin di tempat yang kurang bersih. Salah satu bahaya yang mengintai adalah Pyometra pada kucing.

Steril pada kucing jantan dinamakan Kastrasi (castration). Sedangkan pada kucing betina dinamakan Ovariohisterectomy.

Kastrasi pada kucing atau orchiectomy pada kucing merupakan tindakan pembedahan yang ditujukan untuk menghilangkan atau mengangkat organ testis pada individu jantan. Tindakan pembedahan (operasi) dilakukan pada hewan dalam keadaan tidak sadar. Kamu dapat membaca artikel mengenai Kastrasi pada Kucing.

Sedangkan pada kucing betina, terdapat dua metode yang dapat dilakukan dalam sterilisasi, yaitu pengangkatan ovarium (Ovariectomy) dan pengangkatan ovarium beserta uterusnya (Ovariohisterectomy). Masing-masing metode sterilisasi dapat dipilih berdasarkan kondisi fisik dan umur kucing betina. Kamu juga dapat membaca artikel mengenai OH pada Kucing.

Kucing yang dipertahankan dalam keadaan proven biasanya kucing yang memang ditujukan memiliki keturunan. Biasanya kucing ras seperti kucing peaknose, british shorthair, kucing persia, kucing maine coon, dan kucing yang lainnya. Namun, tidak menutup kemungkinan jika kucing lokal dipertahankan juga sebagai kucing proven.

C. Manfaat Memelihara Kucing

Memiliki kucing bisa menghadirkan cinta dan persahabatan tanpa syarat ke dalam hidup kita. Memiliki teman kucing juga dapat membantu menghilangkan stres dan meningkatkan kesehatan jantung (Help Guide).

Kenapa kita harus memiliki peliharaan kucing ? Mereka adalah hewan yang dapat diajak bersahabat dan diajak tinggal bersama kita dalam kondisi dan tempat apapun. Seperti rumah atau bahkan kos.

Sebagai perantau yang jauh dari rumah, keberadaan kucing sangat membantu saya untuk menenangkan hati dan pikiran. Bermain bersama adalah hal favorit bagi kami berdua.

Berikut adalah manfaat memelihara kucing :

  • Dapat menurunkan stres dan rasa cemas
  • Meningkatkan kesehatan jantung
  • Mengurangi rasa sepi
  • Memiliki sahabat yang lucu dan menggemaskan
  • Aktivitas yang sehat bersama kucing

Namun, ada satu hal yang harus kita ingat dalam memelihara kucing atau hewan apapun. Kita harus selalu menerapkan prinsip animal welfare. Di antaranya adalah :

  • Freedom From Hunger and Thrist
  • Freedom From Thermal and Physical Discomfort
  • Freedom From Injury, Disease, and Pain
  • Freedom to Express Most Normal Pattern of Behavior
  • Freedom from Fear and Distress

Hal yang harus kita jaga juga dalam memelihara kucing adalah dengan peduli terhadap kesehatannya. Selalu utamakan sanitasi pemeliharaan dan pemberian pakan yang sehat dan bergizi.

Terima kasih telah membaca artikel mengenai artinya kucing proven. Share artikel ini ke teman-teman kamu agar semua orang mengetahuinya.

Daftar Pustaka :

  • Berbagai artikel mengenai kucing proven dan arti kata proven
  • Help Guide. The Joys of Owning a Cat. Diakses pada 12 April 2022.
Gigih Fikrillah S
Gigih Fikrillah S

Content writer yang tertarik dengan dunia digital. Suka hewan dan sayang kekasih.

Articles: 157

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *