Perhatian : Media kedokteran hewan VETMEDICINAE tidak akan menggantikan peran dokter hewan. Terutama dalam hal diagnosa penyakit dan pemberian obat hewan. Kami hanya memberikan informasi kesehatan hewan berdasarkan literatur yang ada.

"Manusya Mriga Satwa Sewaka"

Gigih Fikrillah S, S.K.H. | Hubungi Kami

Suhu Normal Hewan

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai suhu normal hewan. Mulai dari hewan ternak hingga hewan kecil seperti anjing dan kucing.

Pengetahuan mengenai suhu tubuh pada berbagai hewan sangat penting. Karena pemeriksaan suhu tubuh menjadi salah satu bentuk pemeriksaan fisik yang paling mendasar dan tidak boleh terlewat.

Suhu merupakan sebuah ukuran dari kemampuan tubuh untuk menghasilkan dan menyingkirkan hawa panas. Suhu tubuh dipengaruhi oleh berbagai hal, contohnya adalah lingkungan. Namun hal ini hanya berlaku bagi hewan homoioterm, tidak dengan hewan poikiloterm.

Hewan poikiloterm disebut juga dengan hewan berdarah dingin. Hal ini karena suhu tubuhnya dipengaruhi oleh lingkungan. Contohnya adalah ikan, reptil, dan amfibi. Sedangkan hewan homoioterm disebut juga sebagai hewan berdarah panas. Karena dapat mengatur suhunya sendiri dan bisa berbeda dengan suhu lingkungan sekitar.

Parameter kesehatan hewan dapat ditentukan dengan mengetahui suhunya. Peningkatan suhu tubuh berkaitan dengan sistem imun pada tubuh hewan sebagai bentuk respon terhadap adanya sebuah infeksi. Biasanya suhu pada hewan dapat dengan mudah diukur menggunakan thermometer digital. Berikut adalah tabel suhu normal pada berbagai hewan :

Jenis HewanTemperatur Tubuh Normal (°C)
Kucing37.5 – 39
Anjing38 – 39
Kelinci38.6 – 40.1
Tikus35.1 – 37.1
Hamster36.1 – 38.9
Sapi37 – 39
Kambing38.5 – 40
Domba38.2 – 40
Kuda37 – 38.5
Kerbau38.2 – 38.4
Ayam40.5 – 41.5
Bebek40 – 41.5
Gajah35.9
Babi38.9 – 39.8
Unta34 – 41.7

Suhu Normal di atas didasarkan dari berbagai sumber (mungkin ada perbedaan yang tidak begitu signifikan)

Terima kasih telah membaca artikel mengenai suhu normal hewan. Semoga artikel ini dapat menjadi pegangan data untuk mengetahui normal tidaknya suhu pada hewan saat pemeriksaan fisik. Semoga bermanfaat.

Gigih Fikrillah S
Gigih Fikrillah S

Content writer yang tertarik dengan dunia digital. Suka hewan dan sayang kekasih.

Articles: 171

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *