Perhatian : Media kedokteran hewan VETMEDICINAE tidak akan menggantikan peran dokter hewan. Terutama dalam hal diagnosa penyakit dan pemberian obat hewan. Kami hanya memberikan informasi kesehatan hewan berdasarkan literatur yang ada.

"Manusya Mriga Satwa Sewaka"

Gigih Fikrillah S, S.K.H. | Hubungi Kami

10 Perbedaan Ikan Koi dan Ikan Mas

Terdapat berbagai jenis ikan yang dapat dipelihara, baik sebagai ikan konsumsi maupun sebagai ikan hias. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan ikan koi dan ikan mas. Perbedaan keduanya terletak pada taksonomi, sungut, pola warna, dorsal fin, jaw, bentuk ekor, postur tubuh, perawatan ikan, harga, dan jenisnya.

Terdapat berbagai jenis ikan yang dapat dipelihara, baik sebagai ikan konsumsi maupun sebagai ikan hias. Terdapat ikan hias yang sering kita jumpai, yaitu ikan koi dan ikan mas. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan ikan koi dan ikan mas.

Sebagai pecinta ikan hias air tawar, tentu saja kita harus banyak belajar. Terlebih lagi bagi seorang pemula, mengetahui cara membedakan ikan koi dan ikan mas akan menjadi kebanggaan tersendiri.

Selain untuk menambah wawasan mengenai ikan hias, mengetahui perbedaan ikan koi dan ikan mas juga dapat menghindarkan kamu dari penipuan. Hal itu karena harga ikan koi dan ikan mas yang terpaut jauh. Ikan koi merupakan ikan hias dari berbagai ikan hias yang mampu dikuasai teknologi budidayanya oleh masyarakat (Subamia et al, 2016).

Perawatannya yang ekstra membuat ikan koi memiliki harga yang mahal. Selain itu, keindahan warna dan pola pada tubuhnya juga menjadikan ikan ini terkadang memiliki harga selangit. Sehingga beberapa penjual ikan nakal memanfaatkan celah ini. So hati hati ya guys …

Jadi, apa saja perbedaan ikan koi dan ikan mas yang akan kita pelajari hari ini ? Simak artikel berikut ini ya sobat Vet.

1. Taksonomi

Perbedaan ikan koi dan ikan mas yang pertama adalah taksonomi pada “spesies” kedua ikan tersebut. Bagi kamu yang belum mengetahui taksonomi, taksonomi merupakan ilmu yang digunakan untuk mengelompokkan hal tertentu. Salah satunya adalah makhluk hidup. Perhatikan tabel perbedaan taksonomi ikan koi dan ikan mas berikut ini :

Klasifikasi IlmiahIkan KoiIkan Mas
KingdomAnimaliaAnimalia
FilumChordataChordata
KelasActinopterygiiActinopterygii
OrdoCypriniformesCypriniformes
FamiliCyprinidaeCyprinidae
GenusCyprinusCyprinus
SpesiesCyprinus rubrofuscusCyprinus carpio
VarietasCyprinus rubrofuscus “koi”

Dapat dilihat dari taksonomi di atas, ternyata genus kedua ikan ini sama ya sobat Vet. Jadi harus dipastikan betul nih sebenarnya apa perbedaan spesies ikan koi Cyprinus rubrofuscus dan spesies ikan mas Cyprinus carpio.

Salah satu jenis ikan hias air tawar yang digemari oleh masyarakat adalah ikan koi yang tergolong dalam salah satu strain ikan mas (Cyprinus carpio).

Triyanti dan Yulisti (2012)
Apa perbedaan ikan koi dan ikan mas

2. Sungut

Keberadaan sungut pada kedua ikan ini dapat menjadi salah satu acuan kita dalam membedakan keduanya. Ikan koi memiliki sungut di ujung kepala bagian depan, tetapi lebih pendek daripada lele. Sedangkan ikan mas tidak memiliki sungut.

3. Pola Warna

Ikan koi pada umumnya minimal memiliki dua warna pada tubuhnya, sedangkan ikan mas umumnya hanya memiliki satu warna saja. Sebenarnya ada ikan koi yang hanya memiliki satu warna atau polos, misalkan pada jenis ikan koi tertentu.

Baca juga : “6 Cara Mengobati Bubul Ayam”

4. Dorsal Fin

Dorsal Fin diebut juga sirip belakang bagian atas. Ikan mas memiliki detached dorsal fin atau tidak menempel pada tubuhnya. Sedangkan ikan koi memiliki attached dorsal fin atau menempel di tubuhnya. Kamu dapat melihat ciri ini secara langsung.

5. Jaw atau Rahang

Bagian bawah rahang atau jaw pada ikan mas berbentuk membulat atau rounded. Sedangkan pada ikan koi berbentuk flattened under jaw.

6. Bentuk Ekor

Ikan koi memiliki ekor yang lebih pendek. Sedangkan ikan mas sebaliknya, berbentuk lebih panjang. Namun, perbedaan pada bentuk ekor bersifat relatif.

7. Postur Tubuh

Dengan umur yang sama ukuran atau postur tubuh ikan koi lebih besar dibandingkan ikan mas. Selain posturnya yang lebih besar, ikan koi juga memiliki umur yang lebih panjang.

8. Perawatan Ikan

Ikan koi memiliki tingkat perawatan di atas ikan mas. Biasanya ikan koi dipelihara di kolam ikan hias. Sedangkan ikan mas dipelihara sebagai ikan konsumsi biasa. Namun, ada juga masyarakat yang suka ikan mas dan dijadikan sebagai ikan hias.

9. Harga

Sudah menjadi rahasia umum bahwa ikan koi memiliki harga yang jauh lebih mahal dibandingkan ikan mas. Harga ikan koi ditentukan berdasarkan jenisnya, misalkan ikan Koi Tancho yang dibanderol dengan kisaran harga Rp. 700.000 hinga Rp. 1.000.000. Sedangkan ikan mas, biasanya harganya ditentukan perkilo. Misalkan di kota Jakarta harga ikan mas per Kg adalah Rp. 35.000.

10. Jenis

Selain berbeda dalam segi fisik dan ekonomi, jenis kedua ikan ini juga berbeda sobat Vet. Berikut adalah beberapa jenis ikan koi dan ikan mas :

Jenis Ikan KoiJenis Ikan Mas
Ikan Koi TanchoIkan Mas Punten
Ikan Koi ShowaIkan Mas Sinyonya
Ikan Koi SankeIkan Mas Majalaya

Nah, itulah beberapa perbedaan ikan koi dan ikan mas yang dapat kita pelajari hari ini. Pengalaman untuk sering membedakan kedua ikan membuat kamu lebih mudah dan terbiasa. Jika kamu gemar dengan ikan koi dan ikan mas, rawatlah dan pelajari cara untuk membudidaya ikan tersebut. Agar hobimu menjadi ladang rezekimu. See you on the next article sobat Veteriner ! Terima kasih.

Baca juga : “Harga Burung Bubut Jawa”

Daftar Pustaka :

  • Subamia, I. W., et al. 2016. Peningkatan kualitas warna kuning dan merah serta pertumbuhan benih ikan koi melalui pengayaan tepung kepala udang dalam pakan. Jurnal Riset Akuakultur, 8(3), 429-438.
  • Triyanti, R., & Yulisti, M. 2012. Rantai Pemasaran Ikan Koi (Cyprinus carpio) di Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Buletin Ilmiah Marina Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan, 7(1), 14-20.
Default image
Gigih Fikrillah S

Content writer yang tertarik dengan dunia digital. Suka hewan dan sayang kekasih.

Articles: 148

Leave a Reply