Perhatian : Media kedokteran hewan VETMEDICINAE tidak akan menggantikan peran dokter hewan. Terutama dalam hal diagnosa penyakit dan pemberian obat hewan. Kami hanya memberikan informasi kesehatan hewan berdasarkan literatur yang ada.

"Manusya Mriga Satwa Sewaka"

Gigih Fikrillah S, S.K.H. | Hubungi Kami

Harga Burung Bubut Jawa UPDATE 2022

Pada artikel kali ini kita akan membahas harga burung bubut update 2022 terbaru. Si burung jawa yang populasinya semakin berkurang. Harga burung bubut jawa terbagi menjadi beberapa harga.

Kali ini kita akan membahas seputar harga burung bubut yang beredar di pasar burung umum. Burung bubut memiliki nama latin Centropus sinensis. Untuk burung bubut jawa nama latinnya Centropus nigrorufus. Burung bubut memiliki harga puluhan ribu hingga ratusan ribu per ekor, tergantung dari usia, gacor, dan ketersediaan di pasar. Sebelumnya burung ini mudah ditemukan di persawahan, perkebunan, dan tepi hutan.

Namun, semakin hari keberadaan burung bubut di pasar semakin langka. Hal itu juga memengaruhi harga beli burung bubut ini sobat. Kenapa bisa begitu ? Karena burung bubut menghindar dari perburuan liar yang dilakukan oleh manusia. Kamu mau budidaya burung bubut ? Itu sangat bagus karena saat ini waktunya belajar untuk melestarikan.

Harga burung bubut jawa 2022

A. Seputar Burung Bubut

Burung bubut merupakan burung yang berasal dari keluarga Cuculidae, genus Centropus. Burung bubut adalah burung pemakan ulat, belalang, kumbang, kepik sejati (hemiptera), katak, dan kadal yang memiliki habitat di tepi hutan, semak tepi sungai, dan hutan mangrove. Burung ini tersebar hingga ketinggian 1.200 mdpl (Wikipedia, 2021).

Burung bubut tersebar di berbagai wilayah seperti India, Tiongkok, wilayah Asia Tenggara, Sumatera, Kalimantan, Nias, Mentawai, Jawa, dan Bali. Untuk burung bubut jawa endemik di pulau jawa saja bagian pesisir. Berikut adalah klasifikasi burung bubut :

  • Kingdom : Animalia
  • Filum : Chordata
  • Kelas : Aves
  • Ordo : Cuculiformes
  • Famili : Cuculidae
  • Genus : Centropus
  • Spesies : Centropus sinensis

B. Ciri Burung Bubut

Burung bubut memiliki tubuh berukuran sekitar 46 cm untuk dewasa. Bulu burung bubut berwarna hitam mengkilap dengan sayap, mantel, dan penutup sayap berwarna cokelat. Memiliki warna paruh hitam dengan iris mata berwarna merah. Burung bubut menyukai vegetasi atau lingkungan hidup yang rapat. Sarang burung ini berbentuk bola pada semak yang lebat.

Baca juga : “8 Pakan Lovebird Sehat dan Bergizi”

C. Makanan Burung Bubut

Burung bubut biasa mengonsumsi hewan di sekitar vegetasi tempat tinggalnya, seperti belalang, kupu, capung, jangkrik, kumbang, serangga kecil, hemiptera, katak, ulat, dan kadal. Untuk burung bubut jawa peliharaan biasa diberikan ulat dan belalang. Pakan tambahan atau feed additive juga dapat kamu berikan untuk memenuhi kebutuhan gizi burung bubut.

D. Harga Burung Bubut

Keberadaan burung bubut di alam liar dan juga pasar hewan sangat memengaruhi harga burung bubut saat ini. Sulitnya menemukan burung bubut disebabkan karena wilayah tempat tinggal seperti hutan mangrove di pesisir Jawa mengalami penurunan luasan. Hal itu terjadi karena perubahan peruntukannya menjadi tambak, pemukiman, industri dan wisata (Setyawan, 2003 dalam Suwarti dkk, 2018).

Beberapa orang memelihara burung bubut karena ingin membuat burung bubut menjadi gacor. Burung bubut memiliki rangkaian suara “bub” yang dalam, dimulai perlahan temponya lalu meningkat kemudian menurun. Lalu nada meninggi dan tempo memanjang menjadi serangkaian nada yang tetap. Ada juga bunyi “plenk” yang terjaid tiba-tiba (Masrudy, 2016).

Note : Sumber suara burung bubut gacor adalah Youtube Koran Burung

Selain ingin membuat burung bubut gacor, pembelian juga dilakukan karena ingin melestarikannya atau membudidayakannya kembali. Burung bubut dewasa gacor memiliki kisaran harga sekitar 400 ribu rupiah. Harga yang cukup menguras kantong.

Kamu tidak perlu khawatir, jika kamu berminat untuk melestarikan burung bubut kamu dapat membeli anakan burung bubut dan melatihnya sendiri. Walaupun diperlukan kesabaran yang ekstra. Berikut adalah daftar harga burung bubut terbaru 2022 :

NoBurungKisaran Harga (Rupiah)
1Burung bubut anakan50.000
2Burung bubut liar50.000
3Burung bubut bakalan60.000
4Bubut jawa dewasa betina250.000
5Bubut jawa dewasa jantan400.000
6Bubut jawa jinak250.000 – 400.000
7Burung bubut Pacar Jambul750.000

Usia, gacor, dan kejinakan burung bubut sangat memengaruhi harga burung bubut di pasaran. Apalagi jika tampilan fisik burung bubut bagus dan segar. Tentu saja dapat menambah nilai jual burung bubut. Lokasi kamu tinggal juga memengaruhi harga burung bubut yang akan kamu beli. Misalkan kamu tinggal di Kalimantan, tentu harga burung bubut jawa akan berbeda dengan saya yang tinggal di Jawa.

Terima kasih telah membaca artikel seputar harga burung bubut jawa terbaru. Semoga artikel ini dapat membantu kamu. Salam sehat dan salam lestari ! Ayo cintai dan lestarikan satwa endemik Indonesia.

Daftar Pustaka :

  • Masrudy, M. 2016. Inventarisasi Jenis Burung di Hutan Kota Ujung Jembatan Mahakam. Buletin Loupe, 13.01: 331112.
  • Suwarti, Muji., dkk. 2018 Karakteristik Habitat Preferensial Burung Bubut Jawa (Centropus nigrorufus) di Wonorejo Surabaya. Jurnal IPB.
  • Wikipedia. 2021. Bubut Besar. Diakses pada 03 April 2022 10.10 WIB.
Default image
Gigih Fikrillah S

Content writer yang tertarik dengan dunia digital. Suka hewan dan sayang kekasih.

Articles: 148

Leave a Reply