8 Pakan Lovebird Sehat dan Bergizi

8 Pakan Lovebird Sehat dan Bergizi

pakan lovebird

Lovebird merupakan jenis burung paruh bengkok yang memiliki kecerdasan tinggi. Dengan latihan yang rutin lovebird bisa menjadi hiburan dan hobi yang menyenangkan. Hal tersebut juga harus dibarengi dengan pemberian pakan lovebird yang cukup dan bergizi.

Pemberian pakan lovebird memang cukup mudah, tetapi perlu diperhatikan nilai nutrisi yang terkandung dalam pakan tersebut. Dengan mengetahui berbagai jenis pakan dan nutrisi yang terkandung di dalamnya, kamu dapat meracik pakan lovebird sendiri.

DOWNLOAD PDF – Pakan Burung Lovebird Sehat dan Bergizi

Selain kandungan nutrisinya, porsi pakan lovebird juga harus diperhatikan. Tidak boleh terlalu banyak, sebab lovebird yang diberi makan terus menerus akan mengalami obesitas. Tentu hal tersebut tidak baik bagi burung kesayangan kamu.

Kami memiliki sepasang lovebird yang sangat lucu, Sky dan Gru. Seiring dengan berjalannya pemeliharaan, lovebird kami tumbuh dengan sehat. Namun, karena pakan yang kami berikan terlalu berlebihan, loberbird kami sekarang mengalami obesitas.

Permasalahan seperti itu tentu tidak akan kamu jumpai jika pemberian pakan dilakukan dengan benar. Berikut adalah rekomendasi pakan pokok dan pakan camilan bagi lovebird lucu kamu :

A. Pakan Lovebird Pokok

Pakan pokok merupakan pakan yang diberikan setiap hari. Pakan utama berguna untuk memenuhi energi yang dibutuhkan selama aktivitas sehari-hari. Berikut adalah beberapa pakan utama burung lovebird :  

1. Milet

Terdapat dua jenis milet yang bisa kamu berikan kepada lovebird, yaitu milet putih dan milet merah. Pemberian milet secara rutin dapat meningkatkan imunitas tubuh lovebird.

Selain manfaatnya yang bagus, milet juga mudah dijumpai di toko burung atau hewan peliharaan. Harganya pun cukup terjangkau. Kamu dapat memberikan milet kepada lovebird pada pagi hari dan sore hari.  

2. Jagung Manis

Jagung manis merupakan makanan yang mengandung asam folat, vitamin B, vitamin C, dan juga betakaroten. Kandungan tersebut sangat berguna bagi lovebird untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Kamu dapat dengan mudah mencari jagung manis di penjual sayur atau di pasar terdekat. Jagung manis dapat diberikan secara langsung ataupun direbus. Perebusan ditujukan agar burung lovebird lebih mudah memakannya.  

3. Biji Kenari

Biji kenari atau Canary seed biasanya diberikan kepada burung Kenari. Namun, seiring berjalannya waktu biji kenari juga bisa diberikan kepada burung lovebird. Meskipun demikian, biji kenari biasanya hanya digunakan sebagai campuran saja.

Misalnya pemberiannya dicampurkan dengan milet putih dan milet merah secara bersamaan. Tentu itu akan menjadikan asupan nutrisinya lebih lengkap.  

4. Oats

Oats dapat diberikan kepada lovebird sebagai pakan campuran. Pemberian oats dapat dilakukan selama beberapa kali dalam seminggu. Karena oats tidak begitu diminati oleh lovebird sebagai makanan pokoknya.

Oats merupakan bahan makanan yang kaya akan protein, dan tentu saja dalam bentuk butiran. Hal tersebut memungkinkan oats untuk diberikan kepada lovebird agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi.  

Baca juga : ” Inseminasi Buatan pada Ayam “

B. Pakan Lovebird Camilan

Pakan camilan dapat diberikan pada waktu tertentu saja. Pakan camilan berguna agar lovebird dapat memilih pakan dalam kandangnya, karena ia hanya bisa makan dari apa yang disediakan oleh kamu sebagai pemiliknya. Berikut adalah pakan camilan atau pakan tambahan lovebird :  

1. Kangkung

Sama seperti jagung manis, kangkung merupakan sayuran yang mudah ditemukan di pasar. Harganya pun terjangkau. Pemberian kangkung pada lovebird dapat menjaga kesehatan pencernaannya.

Kangkung dapat diberikan secara langsung, atau dipotong-potong agar lovebird lebih mudah mengambilnya. Sebaiknya kangkung tidak diberikan kepada lovebird setiap hari, sebab akan memicu gairah seksualnya.  

2. Apel Merah

Selain sayuran, lovebird juga menyukai buah. Apel merah merupakan salah satu buah yang digemari oleh lovebird. Apel merah dapat diberikan secara langsung atau dipotong terlebih dahulu.

Namun, sebelum memberikannya sebaiknya dicuci terlebih dahulu untuk menghilangkan pestisida pada permukaan kulitnya. Biji apel juga perlu dibuang karena mengandung senyawa asam sianida (HCN) yang berbahaya.  

3. Telur Rebus

Pemberian telur rebus sebagai camilan harus dilakukan secara bertahap. Telur rebus kaya akan protein yang berguna untuk tumbuh kembang lovebird. Sebaiknya telur rebus diberikan dalam keadaan dingin.  

4. Asinan Tulang Sotong

Asinan tulang sotong dapat dijumpai di pasar. Makanan ini dapat menjadi opsi camilan lovebird sehari-hari. Asinan tulang sotong mengandung  kalsium (Ca) yang berguna dalam proses pembentukan kerabang telur.

Lovebird merupakan burung koloni, sehingga sebaiknya dipelihara bersama pasangannya atau kawanannya. Ukuran sangkar juga harus diperhatikan agar lovebird merasa nyaman di dalamnya. Kandang yang terlalu sempit dapat meningkatkan stress pada lovebird, sehingga akan dengan mudah terserang penyakit.

Berbagai pakan yang diberikan untuk lovebird sebaiknya dicek terlebih dahulu mut dan kualitasnya. Sehingga lovebird aman dari masalah akibat manajemen pakan yang buruk atau salah. Terima kasih telah membaca artikel kami.

Baca juga : ” Tips Usaha Ternak Burung Lovebird hingga Sukses “