4 Perbedaan Hamster Jantan dan Betina

4 Perbedaan Hamster Jantan dan Betina

cara membedakan hamster jantan

Sebelum mengetahui lebih jauh mengenai perbedaan hamster jantan dan betina pada artikel ini, izinkan kami untuk berbagi kisah mengenai hamster imut kami. Beberapa minggu yang lalu saya dan Rini memutuskan untuk memelihara hamster.

DOWNLOAD PDF – Perbedaan Hamster Jantan dan Betina

Dengan tekad yang bulat kami akhirnya memutuskan untuk pergi ke salah satu petshop di kota kami. Singkat cerita kami ingin membeli hamster jantan dan hamster betina. Namun, kami tidak begitu paham bagaimana cara membedakan hamster jantan dan hamster betina.

Begitu juga dengan penjaga petshop yang melayani kami. Beliau juga tidak begitu paham bagaimana caranya membedakan hamster jantan dan hamster betina. Akhirnya kami putuskan untuk memilih hamster yang terlihat jantan dan hamster yang terlihat betina.

Hingga saat ini, kedua hamster kami tumbuh dengan sehat. Rini memberinya nama Cha dan Cho. Cha memiliki karakter yang tenang dan jinak, sedangkan Cho adalah si badboy yang rusuh dan suka menggigit. Meskipun begitu, Cho selalu menyayangi Cha dan melindunginya.

Dari pengalaman di atas, kami rasa pengetahuan mengenai hamster kami kurang. Bahkan untuk membedakan jenis kelaminnya saja kami belum tahu.

Oleh karena itu, kami  putuskan untuk mencari berbagai referensi dan menyimpulkan bagaimana cara yang efektif untuk membedakan jenis kelaminnya. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membedakan hamster jantan dengan hamster betina.

Baca juga : ” Perbedaan Kucing Anggora dan Persia “

A. Perbedaan Hamster Jantan dan Betina

Beberapa hal yang dapat menjadi acuan perbedaan hamster jantan dan betina adalah alat kelamin, puting susu, kelenjar bau, dan sifatnya. Meskipun begitu, membedakan hamster jantan dan betina lebih mudah untuk dilakukan ketika hamster telah dewasa.

Hamster yang masih kecil bentukan alat kelaminnya belum begitu sempurna. Apabila hamster sedang bunting, perbedaannya bisa tampak pada puting susu yang tampak menonjol dan terlihat jelas di balik rambut bagian abdomen.

1. Alat Kelamin

perbedaan hamster jantan dan betina

Untuk membedakan hamster jantan dengan hamster betina, kamu bisa melihat alat kelamin dari masing-masing hamster. Alat kelamin hamster terletak di bagian bawah tubuh di belakang dekat ekor dan anus.

Pada hamster betina, akan terlihat berupa bentukan vagina dan anus. Sedangkan pada hamster jantan, akan terlihat bentukan penile yang terbuka dan anus.

Semakin dewasa hamster, akan semakin mudah membedakan jenis kelaminnya. Hamster yang berumur di bawah 3 bulan biasanya memiliki alat kelamin yang belum terlihat dengan jelas. Setelah dewasa, akan terlihat berupa penonjolan atau lubang di dekat anus.

Hamster jantan memiliki jarak anus dengan alat kelamin yang panjang, yakni sekitar 2 cm hingga 3 cm. Sedangkan pada hamster betina, jarak antara anus dengan alat kelamin sangat dekat.

Ketika sudah mencapai usia reproduksi, pada hamster jantan dapat ditemukan bentukan benjolan yang merupakan testes. Testes tersebut terletak di dekat anus dan berjumlah sepasang.  

2. Puting Susu

Hamster termasuk ke dalam hewan menyusui atau yang sering kita sebut dengan hewan mamalia. Hamster betina yang sudah siap bereproduksi memiliki puting susu berjumlah 4 hingga 6 pasang. Sedangkan pada hamster jantan, tidak ditemukan puting susu.   

3. Kelenjar Bau

Hamster jantan memiliki kelenjar bau yang terlihat jelas di atas alat kelaminnya. Sehingga terlihat seperti pusar. Sedangkan pada betina, tidak terdapat kelenjar bau di atas kelaminnya. Sehingga yang terlihat hanya puting saja.  

4. Sifat

Hamster jantan memiliki sifat yang lebih agresif dan lincah dibandingkan dengan hamster betina. Namun, hamster jenis Cambel dan Winter lebih sering menggigit daripada jenis hamster yang lain. Tingkat kelincahan hamster juga ditentukan oleh kesehatan hamster itu sendiri.

Untuk mengatasi hal itu, kamu bisa menggunakan sarung tangan yang tebal agar tidak tergigit oleh si hamster. Selain itu, menggunakan wadah transparan seperti kaca atau plastik juga dapat dilakukan untuk menghindari gigitan hamster yang nakal.

B. Kesimpulan

Memelihara dan merawat hamster bukanlah hal yang sulit. Terdapat dua hal pokok yang harus diperhatikan dalam merawat hamster, yaitu tempat yang nyaman, serta pakan dan minum yang cukup.

Tempat yang nyaman berupa tempat yang cukup luas untuk bergerak dan melakukan exercise, bersih, juga terhindar dari bahaya. Sedangkan pakan dan minum harus rutin diberikan juga diganti agar tidak menjadi tempat tumbuh jamur dan bakteri.

Baca juga : ” Cara Merawat DOD Bebek Hingga Besar “

Daftar Pustaka :

  • Sahara, Eli. 2009. Referensi Mata Kuliah Aneka Ternak dan Satwa Harapan : Hamster. Yogyakarta : Gropu Elmatera. ISBN : 978-979-185-191-6.