Perhatian : Media kedokteran hewan VETMEDICINAE tidak akan menggantikan peran dokter hewan. Terutama dalam hal diagnosa penyakit dan pemberian obat hewan. Kami hanya memberikan informasi kesehatan hewan berdasarkan literatur yang ada.

"Manusya Mriga Satwa Sewaka"

Gigih Fikrillah S, S.K.H. | Hubungi Kami

5 Fakta Kecoa Putih yang Harus Kamu Tahu

Jika kamu melihat kecoa putih apa yang akan kamu lakukan ? Kecoa putih berbeda dengan kecoa albino. Mereka adalah individu berbeda. Kecoa putih adalah kecoa yang sedang berganti kulit. Proses ini dinamakan ekdisis.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas seputar kecoa putih. Apa yang akan kamu lakukan ketika melihat kecoa di lantai rumah atau kantor ? Beberapa orang mungkin akan berani untuk membuangnya keluar rumah. Tetapi bagaimana jika kecoa tersebut berwarna putih ? Mungkin sebagian dari kita akan merasa heboh akan hal itu karena jarang terjadi dalam keseharian.

Mari kita bahas lebih detail mengenai kecoa atau kecoak berwarna putih. Kali ini kita akan melakukan studi dengan sedikit berbeda, yaitu studi pertanyaan.

Apakah kecoa putih ada ? Apakah kecoa putih langka ? Kecoa putih atau kecoa albino ? Kenapa kecoa warna putih ? Fakta kecoa putih ? Apakah kecoa putih berbahaya ? Mari kita bahas satu persatu dalam artikel informasi kecoa putih kali ini.

Pertanda kecoa putih
Kecoa Putih (a-z-animals.com)

A. Informasi Seputar Kecoa Putih

Kecoa putih adalah ? Sama dengan kecoa pada umumnya, kecoa digolongkan ke dalam hewan arthropoda. Arthropoda merupakan hewan yang bersegmen atau memiliki ruas pada tubuhnya. Salah satunya adalah kecoa. Kecoa termasuk hewan invertebrata atau hewan yang tidak memiliki tulang belakang. Sehingga kecoa putih masih satu spesies dengan kecoa pada umumnya. Perhatikan klasifikasi kecoa berikut ini :

  • Kingdom : Animalia
  • Filum : Arthropoda
  • Kelas : Insecta
  • Ordo : Dictyoptera

B. Kecoa Putih Bukan Albino

Kecoa berwarna putih adalah hal yang berbeda dengan kecoa albino. Selama ini, belum pernah ada kecoa albino yang dilaporkan. Menurut National Organization for Albinism and Hypopigmentation – albinisme didefinisikan sebagai kondisi genetik yang memengaruhi kemampuan organisme dalam menghasilkan pigmen melanin dalam jumlah cukup, bahan pemberi warna kulit, rambut, dan mata.

Terdapat beberapa tingkatan albinisme dan tidak selalu menghasilkan individu non-pigmentasi nyata pada kulit dan rambut. Tetapi hampir selalu berpengaruh pada penglihatan. Jadi, kecoa putih berbeda dengan kecoa albino. Mereka berdua adalah individu yang tidak sama.

C. Penyebab Kecoa Berwarna Putih

Kenapa kecoa putih ?

Hal ini berkaitan dengan siklus hidup kecoa. Kecoa mengalami metamorfosis. Metamorfosis adalah sebuah proses perkembangan pada makhluk hidup yang ditandai dengan adanya perubahan fisik dari mulai kelahiran hingga dewasa. Metamorfosis pada kecoa dinamakan metamorfosis tidak sempurna.

Baca juga : “12 Contoh Hewan Metamorfosis Tidak Sempurna”

Kecoa mengalami tiga fase dalam metamorfosis, yaitu fase telur, fase nimfa, dan fase dewasa. Pada stadium telur, kecoa membutuhkan waktu sekitar 30 hingga 40 hari untuk menetas. (Rokhmah, 2016)

Setelah telur menetas, telur akan menjalani fase nimfa selama 5 sampai 6 bulan. Dalam fase nimfa, kecoa akan mengalami pergantian kulit hingga 13 kali. Pergantian kulit ini disebut ekdisis.

Kenapa kecoa putih
Ekdisis pada Kecoa (cockroachzone.com)

Nah, sebelum melepaskan kulit luar yang lama mereka harus membentuk kulit baru terlebih dahulu untuk menjaga organ bagian dalam dan mempertahankan kelembaban tubuh ketika proses ekdisis ini.

Kulit atau kerangka luar kecoa yang baru bertekstur lembut dan lentur serta tidak memiliki pigmentasi yang memberi warna pada cangkangnya. Ketika kecoa sudah siap berganti kulit, mereka akan membelah kulit dan merangkak keluar. Karena proses pigmentasi belum selesai, kulit akan berwarna putih. Inilah kenapa ada kecoa berwarna putih.

D. Hidup Kecoa Putih Berikutnya

Apakah kecoa putih berbahaya
Metamorfosis Kecoa (westernalpest.com.au)

Apa yang akan terjadi pada kecoa putih berikutnya ? Eksoskeleton kecoa akan mulai mengeras dan terjadi pigmentasi, sehingga akan menjadi kecoa dengan warna pada umumnya. Waktu pigmentasi kecoa mungkin berbeda antara spesies satu dengan spesies lainnya. Pada titik ini kecoa sudah siap untuk mencari makanan, air, dan tempat berlindung.

Pada fase dewasa, seekor kecoa memiliki panjang sekitar 35 mm dengan lebar 13 mm. Dalam fase ini, seekor kecoa mampu menggunakan sayapnya untuk terbang jarak pendek. Sehingga pergerakannya menjadi lebih luas. Pada fase dewasa, seekor kecoa mampu hidup selama 1 hingga 2 tahun.

E. Kenapa Melihat Kecoa Putih

Apakah melihat kecoa putih merupakan suatu pertanda ? Ketika kamu melihat kecoa putih di suatu tempat tentu saja itu adalah pertanda bahwa tempat tersebut kurang diperhatikan kebersihannya sobat Vet. Dasar yang harus diketahui adalah bahwa semua kecoa pernah berwarna putih dalam waktu yang singkat setiap kali mengalami ekdisis.

Kecoa putih juga bisa keluar dari tempat persembunyian selama proses ekdisis jika ada gangguan. Misalnya jika ada petugas pengendali hama profesional membersihkan tempat tersebut. Maka kecoa dengan spontan akan kabur dari tempat tersebut.

F. Kecoa Putih Tidak Berbahaya

Bagi kita mungkin kecoa putih merupakan sebuah hal yang tidak biasa dan lebih menyeramkan daripada kecoa pada umumnya. Tetapi tenang saja, kecoa putih tidaklah berbahaya. Mereka jarang menggigit manusia. Namun, hal yang harus ditekankan adalah bahwa kecoa dapat membawa penyakit pada manusia.

Berikut adalah beberapa penyakit yang dapat ditimbulkan oleh kecoa :

  • Keracunan makanan
  • Gangguan pencernaan
  • Luka gigitan kecoa
  • Masuk ke dalam tubuh
  • Alergi

Terima kasih telah membaca artikel mengenai fakta kecoa putih. Kecoa putih pertanda apa ? Bukan pertanda apa-apa. Hanya mungkin tempat itu harus dibersihkan sesegera mungkin. Bagikan artikel ini jika kamu menyukainya. See you in the next article

Daftar Pustaka :

  • Chronobiol Int. 2003 Jul; 20(4):577-91. Neural organization of the circadian system of the cockroach Leucophaea maderae. Homber
  • Rokhmah, Siti Nur. 2016. Efektivitas Ekstrak Daun Sirsak (Annona muricata L) sebagai Biopestisida Pengendali Kecoa Amerika (Periplaneta americana (L)) (Blattaria:Blattidae) di Pemukiman. Bandung : Universitas Pasundan.
  • Terminix. Does A White Cockorach Really Exist ?. Diakses pada 13 April 2022.
Default image
Gigih Fikrillah S

Content writer yang tertarik dengan dunia digital. Suka hewan dan sayang kekasih.

Articles: 148

Leave a Reply