Cara Membuat EM4 Sendiri

Cara Membuat EM4 Sendiri

bagaimana cara membuat em4 sendiri

Sebelum mengetahui cara membuat EM4, ada baiknya kamu mengetahui apa itu EM4. EM4 atau Effective Microorganism 4 merupakan larutan yang di dalamnya terdapat empat microorganisme pokok yang berguna dalam fermentasi. Keempat mikroorganisme tersebut adalah bakteri Fotosintetik berupa Lactobacillus sp, Streptomyces sp, Yeast (Ragi), dan Actinomycetes.

Pada mulanya, EM4 ditemukan oleh seorang profesor dai Universitas Ryukus, Okinawa, Jepang bernama Prof. Dr. Teruo Higa. Karena tujuannya untuk pemanfaatan, maka larutan tersebut terus dikembangkan hingga saat ini.

DOWNLOAD PDF – Cara Membuat EM4 Sendiri

Kamu dapat menemukan larutan EM4 dengan mudah di toko peternakan atau toko pertanian terdekat di kota kamu. Harga EM4 akan kami bahas pada subab harga EM4 dalam artikel ini, termasuk manfaat EM4 dan Cara membuat EM4.

A. Manfaat EM4

Ada berbagai manfaat yang bisa kita dapatkan dari EM4. Salah satunya adalah dalam pembuatan pupuk kompos. Pada umumnya, pembuatan pupuk kompos secara konvensional memerlukan waktu yang lama. Namun, dengan penambahan larutan EM4, maka proses fermentasi akan berlangsung lebih cepat.

Tentu saja pupuk kompos yang dihasilkan dengan menggunaan EM4 jauh lebih efektif dan efisien. Selain karena waktunya yang singkat, penggunaan EM4 sebagai fermentor dapat menghasilkan senyawa organik yang bisa dimanfaatkan langsung oleh tanaman.  

Baca juga : ” Rumput Kolonjono Sebagai Hijauan Pakan Ternak “

B. Harga EM4

Karena manfaat yang dimiliki oleh EM4, saat ini larutan tersebut sudah dijual secara komersial di toko peternakan maupun toko pertanian. Berdasarkan survey yang saya lakukan, harga EM4 di pasaran saat ini sekitar 20.000 hingga 30.000 rupiah untuk satu liter EM4.

Tentu saja hal itu akan menjadi pertimbangan bagi peternak, petani, atau produsen pupuk kompos. Oleh karena itu, selain membeli kita juga bisa memanfaatkan beberapa bahan untuk membuat EM4 sendiri. Simak dengan baik bagaimana cara membuat EM4 sendiri.

C. Cara Membuat EM4 Sendiri

Mengetahui cara membuat EM4 sendiri adalah solusi untuk mengurangi pengeluaran biaya. Namun, tentu harus diperhitungkan dengan tepat. Berikut adalah baha, alat, dan cara membuat larutan EM4 sendiri :  

1. Bahan Pembuatan EM4

Berikut adalah beberapa bahan yang harus kamu siapkan untuk membuat EM4. Oh iya, beberapa formula EM4 menunjukkan bahan tambahan yang berbeda satu sama lain.

BahanJumlah (Kg)
Pisang matang atau kulitnya0.5
Nanas matang atau kulitnya0.5
Pepaya matang atau kulitnya0.5
Kacang panjang segar0.25
Kangkung air0.25
Air kelapa0.5
Gula pasir1
Batang pisang muda1.5

2. Peralatan Membuat EM4

Berikut adalah beberapa peralatan yang kamu butuhkan untuk membuat EM4. Peralatan dapat kamu sesuaikan dengan kondisi dan keadaan. Termasuk seberapa banyak kamu akan membuat larutan EM4.

PeralatanJumlah (Buah)
Wadah Plastik1
Jerigen1
Blender1
Saringan1

3. Langkah Membuat EM4

Berikut adalah cara membuat EM4 :

  • Haluskan pepaya, pisang, kacang panjang, nanas, kangkung air, dan batang pisang muda. Setelah halus, kamu bisa memasukkan semua bahan tersebut ke dalam satu wadah plastik dan mencampurnya.
  • Setelah tercampur merata, masukkan gula pasir dan air kelapa. Kemudaian diaduk kembali hingga merata. Selain air kelapa, kamu bisa menggunakan air nira.
  • Tutup wadah plasti rapat-rapat, simpan di dalam tempat yang terlindung dari sinar matahari, dan diamkan selama satu minggu.
  • Setelah satu minggu, ambil dan saring bahan yang ada, kemudian masukkan ke dalam jerigen. Tutup rapat jerigen dan EM4 siap digunakan. Penyimpanan larutan EM4 tidak boleh terpapar sinar matahari secara langsung. Oleh karena itu, disarankan untuk memilih jerigen yang tidak tembus cahaya.  

Baca juga : ” Cara Membuat Mesin Penetas Telur Otomatis “

D. Kesimpulan

EM4 merupakan larutan yang berguna untuk mempercepat proses fermentasi. Di dalamnya, terdapat 4 genus bakteri pokok, yaitu Lactobacillus sp, Streptomyces sp, Yeast (Ragi), dan Actinomycetes. Keempat genus bakteri tersebut termasuk ke dalam bakteri fotosintetik. Larutan EM4 yang kamu buat sendiri dapat disimpan selama 6 bulan.

Setelah itu, larutan EM4 tidak efektif lagi untuk digunakan. Penggunaan larutan EM4 untuk pembuatan pupuk kompos sangat menguntungkan, kamu bisa mencobanya sendiri di rumah. Sebenarnya, ada berbagai cara dalam membuat larutan EM4.

Tetapi, cara di atas adalah cara yang banyak digunakan. Oh iya, selain berguna untuk mempercepat fermentasi, larutan EM4 juga berguna untuk menghilangkan bau kandang.

Kamu bisa menyemprotkan larutan EM4 pada kotoran ternak yang menumpuk, bahkan di sela kandang yang sempit. Biasanya EM4 dicampurnkan dengan air dan disemprotkan pada kandang ayam broiler ataupun layer. Dengan begitu, bau kandang pun dapat diatasi dengan mudah.

Kenapa bau kandang bisa hilang dengan adanya EM4 ? Hal tersebut dikarenakan terdapat proses fermentasi bakteri dalam larutan EM4. Di mana, proses fermentasi tersebut mampu menghambat pembentukan gas bau dari kotoran.

Terima kasih telah membaca cara membuat EM4 sendiri. Selamat mencoba dan good luck !