Yuk, Ketahui Cara Memandikan Anjing dengan Baik dan Benar

Yuk, Ketahui Cara Memandikan Anjing dengan Baik dan Benar

cara memandikan anjing

Bagi kamu yang memiliki anjing kesayangan, tentunya kamu sudah pernah memandikan anjing di petshop. Sebagai pemilik anjing, pasti kamu pernah berkeinginan untuk memandikan anjing sendiri. Selain lebih murah, memandikan anjing sendiri akan memberikan efek terapi yang baik bagi psikis kamu.

Pengetahuan mengenai cara memandikan anjing harus diperhatikan dengan baik, sehingga anjing merasa nyaman ketika dimandikan. Hal tersebut berkaitan dengan pengalaman mandi pertama yang ia didapatkan.  

DOWLOAD PDF – Cara Memandikan Anjing dengan Baik dan Benar

Apabila kamu memandikan anjing dengan cara yang kurang baik, anjing tersebut dapat mengalami trauma alias kapok dan sulit dimandikan lagi.

Cara memandikan anjing merupakan runtutan bagaimana kita memperlakukan anjing kesayangan sebelum mandi, saat mandi, dan setelah mandi. Proses tersebut meliputi peralatan yang harus disiapkan hingga pemberian snack untuknya.

Snack adalah salah satu hal penting yang tidak boleh terlewat. Pemberian snack ditujukan sebagai hadiah karena anjing kamu mau dimandikan.

Jika kamu memiliki anjing yang masih kecil, sebaiknya kamu membiasakannya mandi dari kecil. Hal tersebut akan menjadikan mandi sebagai rutinitas positif bagi anjing kesayangan kamu. Jika anjing bersih, kamu pun sebagai pemilik akan merasa nyaman berada di dekatnya.

A. Sebelum Memandikan Anjing

Beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum memandikan anjing adalah peralatan memandikan anjing, persiapan bahan, dan persiapan hadiah berupa snack atau mainan kesukaannya.

Sebaiknya, kamu benar-benar memperhatikan proses persiapan. Jangan sampai ketika anjing telah basah, kamu lupa menaruh shampo milik anjing kesayangan kamu. Kan bisa berabe kalau begitu ceritanya. Berikut adalah beberapa peralatan yang harus dipersiapkan dalam tips memandikan anjing :

1. Persiapan Peralatan

Peralatan yang dibutuhkan untuk memandikan anjing dapat berupa ember atau baskom dengan ukuran yang sesuai, sikat untuk anjing, spon, sisir, dan hairdryer, serta kapas sebagai penutup telinga. Sedangkan peralatan yang dibutuhkan setelah mandi, dapat berupa gunting kuku anjing dan cotton bud.

2. Persiapan Bahan

Selain peralatan untuk mandi, hal lain yang harus dipersiapkan adalah air hangat. Pastikan kamu menyiapkan air hangat dengan suhu yang tepat, usahakan tidak terlalu panas ya sob karena dapat melukai kulit anjing kecil kamu.

Selain air hangat, bahan lain yang harus disiapkan adalah shampo, bedak, dan parfum untuk anjing. Bedan dan parfum bersifat opsional, karena biasanya penggunaan shampo anjing sudah memberikan bau wangi yang segar.

Jangan gunakan shampo untuk manusia, karena penggunaannya berbeda. Bukannya membuat rambut anjing kamu bagus, yang ada rambut anjing kamu malah bisa mengering dan rontok. Jadi, harus berhati-hati ya sob.

3. Persiapkan Hadiah

Hal lain yang perlu disiapkan adalah snack hadiah untuk anjing kesayangan. Hal tersebut bisa menjadi terapi bagi anjing kesayangan kamu, jika ia mau menurut dimandikan ia akan mendapatkan hadiah yang menyenangkan.

Baca juga : ” Cara Memandikan Kucing dengan Benar “

B. Saat Memandikan Anjing

Sebelum memandikan anjing, pastikan penutup telinga anjing terpasang dengan baik. Air yang masuk ke dalam telinga akan menimbulkan perasaan yang tidak nyaman bagi si anjing. Selain itu, air akan meningkatkan kelembaban telinga, sehingga bakteri dan jamur mudah berkembangbiak.

Setelah memastikan penutup telinga terpasang, berikut adalah cara memandikan anjing yang dapat kamu lakukan di rumah. Oh iya, memandikan anjing dapat dilakukan di kamar mandi atau di taman, yang penting tempatnya bersih ya sob.

Namun, untuk mandi pertama kali saya lebih merekomendasikan kamar mandi dengan pintu yang tertutup. Biasanya anjing akan memberontak dan kabur karena tidak mau dimandikan. Hindarkan juga benda yang menurut kamu berbahaya bagi anjing kesayanganmu ketika mandi.  

1. Menyisir Rambut Anjing

Sebelum membasahi tubuh anjing dengan air hangat, sebaiknya kamu menyisir rambut anjing kecil kamu.  Hal tersebut bertujuan untuk membuang rambut mati yang tertinggal. Selain itu, proses penyisiran juga dapat membuat shampo dan air meresap secara maksimal ke permukaan kulit anjing.

2. Membasahi Tubuh Anjing

Basahi tubuh anjing dengan menggunakan air hangat secara perlahan. Kamu tidak disarankan untuk membasuh bagian kepala, dikarenakan bagian tersebut rentan apabila terkena air. Namun, apabila hal tersebut mengharuskan kamu harus berhati-hati agar air tidak masuk ke dalam telinga.

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan selang atau shower untuk membasahi tubuh anjing. Usap secara lembut agar anjing merasa nyaman.

3. Memberi Shampo dan Meratakannya

Setelah tubuhnya basah, berikan shampo secukupnya dan ratakan menggunakan spon atau tangan. Penggunaan spon bertujuan untuk membuat busa yang lebih banyak. Berikan shampo mulai dari kepala bagian atas hingga ekor, serta hindari pemberian shampo pada daerah mata dan telinga.

Usahakan shampo merata ke seluruh tubuh anjing, sikat menggunakan sikat khusus yang lembut dan gunakan spon untuk menciptakan busa yang lebih banya. Gosok bagian perut dan pangkal ekor, bagian tersebut biasanya lebih kotor dari bagian lainnya.

4. Membilas Tubuh Anjing

Setelah shampo merata, bilas tubuh anjing menggunakan air hangat. Satu hal yang perlu diingat ya sob, usahakan agar shampo tidak masuk ke mata atau telinga anjing, karena dapat menyebabkan iritasi. Bilas menggunakan tangan agar busa pada tubuh anjing cepat hilang. Jangan lupa lepaskan kapas penutup telinga.

Baca juga : ” Bahasa Tubuh Anjing dan Kucing “

C. Setelah Memandikan Anjing

Setelah anjing mandi, kamu harus melakukan beberapa hal. Seperti mengeringkannya, menyisir rambutnya, memotong kukunya, dan memberi hadiah padanya. Selain itu, kamu dapat memberikan bedak dan parfum pada anjing kesayangan kamu, agar baunya harum dan memikat banyak gadis.

1. Proses Pengeringan

Balut anjing kecil kamu dengan handuk yang lembut. Setelah itu, semburkan udara hangat dari hairdryer dengan level sedang. Penggunaan hairdryer yang terlalu panas dapat menyebabkan rambut anjing menjadi rusak.

2. Sisir Rambut Anjing

Sembari mengeringkan menggunakan handuk dan hairdryer, kamu bisa menyisir rambut anjing secara perlahan. Usahakan untuk tidak menyisir terlalu kasar, karena hal tersebut menyakitkan bagi anjing. Terus sisir hingga rambutnya menjadi rapih.

3. Berikan Hadiah

Berikan snack kesukaan sebagai hadiah atas pencapain yang telah ia raih. Mandi merupakan hal yang luar biasa bagi seekor anjing. Oleh karena itu, berikan perhatian dan kasih sayang agar mandi menjadi hal yang menyenangkan bagi anjing lucu kamu.

4. Pemeriksaan dan Pemotongan Kuku

Setelah proses mandi selesai, periksa kuku anjing. Apabila kukunya tajam dan membahayakan, kamu dapat memotongnya. Usahakan untuk tidak memotong terlalu berelebihan, karena hal tersebut dapat melukai anjing. Gunakan pemotong kuku yang tajam agar proses pemotongan berjalan dengan lancar.

5. Pemberian Bedak dan Parfum Anjing

Setelah benar-benar kering, berikan bedan dan parfum pada anjing. Hal ini bersifat opsional, namun untuk memaksimalkan kebersihan dan penampilannya kamu dapat memberikannya pada anjing. Dan sekarang, anjing kamu telah bersih bersinar serta siap menemani hari-harimu.  

Hal yang perlu diperhatikan mengenai cara memandikan anjing adalah jangan memaksa anjing secara kasar. Tuntunlah ia dengan kasih sayang dan kesabaran. Apabila anjing kamu memiliki riwayat menggigit, gunakan penutup moncong atau Muzzle Cover.

Terima kasih telah membaca artikel ini, yuk berikan tanggapan dan komentar bagaimana asyiknya pengalaman mandi pertama bagi anjing kecil kamu.

Baca juga : ” Sistem Reproduksi pada Anjing “