Cara Mengangkat Kelinci dengan Benar

Cara Mengangkat Kelinci dengan Benar

cara mengangkat kelinci dengan tangan

Sebagai pemilik kelinci, tentu kamu harus memperlakukannya dengan baik untuk menjaga tumbuh kembangnya. Hal sederhana yang perlu diperhatikan adalah cara mengangkat kelinci dengan benar. Pemindahan kelinci cukup dengan diangkat menggunakan tangan, karena hewan tersebut memiliki bobot yang ringan.

Namun, cara pengangkatan yang salah akan membuat kelinci tidak nyaman sehingga ia akan memberontak atau melawan. Hal tersebut tentu sangat berbahaya bagi kamu karena kelinci memiliki kuku yang tajam dan keras.

DOWNLOAD PDF – Cara Mengangkat Kelinci dengan Benar

Selain berbahaya bagi kamu, kelinci yang tidak nyaman akan merasa kesakitan. Perlakuan yang tidak baik akan menyebabkan gangguan kesehatan. Beberapa pemilik kelinci mengangkat dengan cara dipegang bagian telinganya, padahal area tersebut rawan cedera. Seperti kelumpuhan otot telinga misalnya.

Mengangkat kelinci termasuk ke dalam pembelajaran handling yang harus diketahui. Handling yang baik akan memberikan keamanan, baik pada hewan maupun pada pelaku handling. Di mana dalam hal ini adalah kelinci dan pemilik kelinci itu sendiri.

A. Cara Mengangkat Kelinci yang Salah

cara memegang kelinci

Terdapat dua cara yang salah tetapi sering dilakukan beberapa pemilik kelinci, yaitu mengangkat kelinci pada telinga dan mengangkat kelinci pada kaki belakang. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, telinga merupakan bagian vital pendenganran.   Apabila terdapat kelumpuhan pada otot telinga, bukan hanya penampilannya saja yang terganggu. Namun pendengarannya juga akan terganggu.

Sedangkan proses pengangkatan pada kaki belakang, memungkinkan terjadinya cedera otot extremitas. Karena tumpuan berat terletak pada pangkal paha.

Kedua cara di atas harus dihindari agar tidak terjadi hal yang berbahaya. Berikut adalah cara mengangkat kelinci yang dianjurkan. Meskipun begitu, kamu tetap harus berhati-hati karena tendangan kelinci sangat kuat.

B. Cara Mengangkat Kelinci yang Benar

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengambil bagian tengkuk kelinci dengan tangan kanan. Bagian tersebut biasanya memiliki kulit dan daging yang cukup tebal.

Setelah kelinci terangkat, hadapkan kelinci ke depan. Kemudian gunakan tangan kiri kamu sebagai bantalan bagian belakang paha kelinci. Perlu praktik berulang agar kamu terbiasa mengangkat kelinci dengan benar.

Terima kasih telah membaca artikel mengenai cara mengangkat kelinci dengan benar. Semoga kelinci kamu tumbuh dengan sehat.

Baca Juga : 8 Penyebab Kucing Mengalami Mencret atau Diare