Blog

rumput kolonjono

Rumput Kolonjono Sebagai Hijauan Pakan Ternak

Rumput kolonjono dikenal juga dengan nama Para Grass dengan nama latin Brachiaria mutica yang tergolong ke dalam famili Graminae. Selain itu, rumput kolonjono juga memiliki nama lain Panicum Muticum atau Panicum Pupurancens dan Buffalo grass. Rumput ini berasal dari Afrika dan Amerika Selatan yang memiliki iklim tropis.

penyebab kucing mencret

8 Penyebab Kucing Mencret atau Diare

Terdapat berbagai hal yang dapat menyebabkan kucing kesayangan kamu mengalami mencret atau diare. Namun, penyebab diare pada kucing yang paling umum terjadi adalah karena makanan. Salah satu penyebab kucing mencret atau diare adalah makanan. Beberapa kucing terkadang tidak cocok terhadap jenis makanan tertentu. Selain itu, makanan yang basi juga dapat menjadi penyebab kucing kamu mengalami diare.

cara memandikan anjing

Yuk, Ketahui Cara Memandikan Anjing dengan Baik dan Benar

Bagi kamu yang memiliki anjing kesayangan, tentunya kamu sudah pernah memandikan anjing di petshop. Sebagai pemilik anjing, pasti kamu pernah berkeinginan untuk memandikan anjing sendiri. Selain lebih murah, memandikan anjing sendiri akan memberikan efek terapi yang baik bagi psikis kamu. Pengetahuan mengenai cara memandikan anjing harus diperhatikan dengan baik, sehingga anjing merasa nyaman ketika dimandikan.

hewan metamorfosis tidak sempurna

12 Contoh Hewan Metamorfosis Tidak Sempurna

Terdapat berbagai contoh hewan metamorfosis tidak sempurna, seperti golongan Phthiraptera (kutu), Dictyoptera (Lipas), Orthoptera (Belalang), Isoptera (Rayap), Homoptera (Tonggeret), dan Hemiptera (Kepik). Selain itu, terdapat juga golongan Odonata (Capung) yang fase pradewasanya berada di air.

penyakit prolapsus uteri pada sapi

Prolapsus Uteri pada Sapi

Prolapsus uteri pada sapi adalah kejadian di mana mukosa uterus keluar dari badan melalui vagina, dan menggantung di vulva. Uterus dapat keluar secara keseluruhan maupun sebagian. Prolapsus uteri sering terjadi segera setalah hewan partus (melahirkan). Pada umumnya, prolapsus uteri terjadi pada sapi perah dengan umur sekitar 4 tahun.

eds pada ayam petelur layer

Penyakit EDS (Egg Drop Syndrome) pada Ayam Petelur

Egg Drop Syndrome atau EDS pada ayam petelur merupakan penyakit yang disebabkan Adenovirus dari famili Adenoviridae. Pada mulanya, EDS ditemukan oleh Van Eck di Belanda pada tahun 1976. Oleh karena itu, penyakit ini sering disebut dengan EDS’76 atau Egg Drop Syndrome – 1976.

sistem reproduksi pada anjing

Sistem Reproduksi Anjing Jantan dan Anjing Betina

Sistem reproduksi anjing jantan terdiri dari organ kelamin primer berupa gonad jantan yang disebut dengan testes dan kelenjar assesoris berupa prostat. Selain itu, anjing memiliki saluran-saluran reproduksi yang terdiri dari epididymis, vas deferens, ampula, dan urethra. Sedangkan alat kelamin bagian luar terdiri dari penis yang berfungsi sebagai organ kopulatoris (kawin).

membuat mesin penetas telur

Cara Membuat Mesin Penetas Telur Otomatis

Sebelum mengetahui cara membuat mesin penetas telur otomatis, ada baiknya kamu mengetahui beberapa jenis mesin penetas telur yang sering digunakan. Setidaknya, terdapat tiga jenis mesin tetas telur, yaitu mesin tetas telur manual, mesin tetas telur semi otomatis, dan mesin tetas telur full otomatis.

porcine taeniasis pada babi

Taeniasis pada Babi

Taeniasis merupakan penyakit parasitik yang disebabkan oleh cacing dari genus Taenia. Terdapat berbagai spesies Taenia, salah satunya adalah Taenia solium yang menyerang babi. Taeniasis pada babi termasuk penyakit zoonosis. Manusia dapat tertular dengan memakan daging babi yang mengandung stadium infektif cacing.

rumus dan cara menghitung bobot sapi

Cara Menghitung Berat Badan Sapi

Terdapat tiga rumus yang sering digunakan sebagai cara menghitung berat badan sapi, di antaranya adalah rumus Schoorl, rumus Winter, dan rumus Denmark. Beberapa rumus tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan untuk menghitung bobot sapi.